P. Raya

Festival Palangka Raya 2024 Ajang Lestarikan Budaya

PALANGKA RAYA - Pembukaan Festival Palangka Raya Tahun 2024, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya untuk melestarikan adat dan budaya, yang dilaksanakan di depan halaman, eks kantor DPRD Kota pada Selasa, 23 April 2024.

Acara festival Palangka Raya ini, di buka secara resmi oleh Asisten 3, Doktor Alman Pakpahan Sh Mh, Mewakili Pj Walikota  beserta dengan beberapa Kepala Dinas Opd Kota Palangka Raya.

Pj Walikota  melalui Doktor Alman Pakpahan menyampaikan, selama ini  event-event yang mengangkat seni budaya masih sangat terbata, sehingga  perlu terus didorong untuk ditumbuh-kembangkan, terlebih dalam menghadapi era digitalisasi, perlu dipacu, di beri ruang, dan terus dipromosikan . Pemerintah Kota Palangka Raya, memiliki tanggung jawab yang besar, dalam upaya melestarikan budaya lokal, salah satu upaya dalam melestarikan budaya adalah, menggelar festival budaya sebagai wujud nyata, dalam rangka, mendorong masyarakat untuk memaksimalkan, potensi budaya lokal, beserta pemberdayaan dan pelestariannya , sehingga , mampu mengelola keanekaragaaman budaya lokal yang ada di Kota Palangka Raya.

Dalam  Festival Palangka Raya terdapat beberapa kegiatan lomba yang di adakan, adapun kegiatan lomba yang diadakan ialah, lomba manyipet , balogo atau habayang, besei kambei, mangaruhi, perahu hias, lomba lagu daerah dan manyangiang, yang di ikuti seluruh kecamatan  dalam lingkup Kota Palangka Raya.

Menurut Doktor Alman Pakpahan, S.H.,M.H. , tujuan dari acara ini adalah untuk membangun, semangat kebersamaan anak bangsa, dan dengan semangat itu, membangkitkan semangat budaya kearifan lokal, dan dengan hal itu juga , memantik dan mendorong, ekonomi mikro kota palangka raya untuk dapat bertumbuh dan berkembang.

(Altius Utama/ Javiere Christopper)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments