P. Pisau

Fokus atasi tingkat pengangguran di Pulang Pisau digelar pelatihan Keterampilan Berbasis Masyarakat Tahun 2023

PULANG PISAU - Pelatihan Keterampilan Berbasis Masyarakat Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Reliasi, mewakili Bupati Pulang Pisau. Acara dibuka di Aula Kantor Kecamatan Maliku pada Selasa  01/08/2023.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Reliasi, data survei angkatan kerja nasional menunjukkan bahwa sekitar 71,64 persen penduduk usia produktif (15-59 tahun) terlibat dalam kegiatan ekonomi.

Namun, tingkat pengangguran di Kabupaten Pulang Pisau mencapai 1,96 persen, dengan tingkat pengangguran laki-laki 2,02 persen dan perempuan 1,85 persen. Persentase penduduk miskin juga naik dari 4,24 persen pada 2021 menjadi 4,70 persen pada 2022, terutama karena dampak pandemi Covid-19.

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bekerja sama dengan Dinasnakertrans Pulang Pisau mengadakan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat di beberapa kecamatan, dengan peserta sebanyak 30 orang di masing-masing kecamatan.

Bupati memberikan pesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan menekankan pentingnya penyampaian materi yang mudah dimengerti oleh para peserta.

Pelatihan ini fokus pada pengembangan kreativitas berdasarkan bahan yang mudah dan murah. Kegiatan berlangsung selama 5 hari kerja atau 40 jam pembelajaran, dan para peserta akan diberikan perlengkapan yang dibutuhkan selama pelatihan.

Pelatihan ini diselenggarakan melalui DPA SKPD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan usaha dan kreativitas dalam pengolahan bahan sederhana.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments