P. Raya

Fordayak Pulpis Sepakat Tolak TBBR Masuk Kalteng

PULANG PISAU - Puluhan anggota Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), turut ambil bagian dalam aksi penolakan Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) yang berlangsung di Bundaran Besar dan Betang Hapakat Palangka Raya, Jumat (26/11/2021) pagi.

Ketua DPD Fordayak Pulpis Hermawan Mihing yang langsung memimpin rombongan dari Bumi Handep Hapakat itu mengatakan keikutsertaan Fordayak Pulpis dalam aksi itu, sebagai bentuk pernyataan sikap bahwa Fordayak Pulpis sepakat untuk menolak TBBR masuk di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Selain menghormati undangan yang kita terima. Keikutsertaan Fordayak Pulpis ini sebagai pernyataan sikap sepakat untuk menolak TBBR masuk Kalteng," ucapnya.

Diketahui, aksi penolakan TBBR hadir di Kalteng itu diikuti oleh sedikitnya 800 massa gabungan dari 30 organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Bumi Tambung Bungai.

"Banyak ormas Dayak di Kalteng, jadi tidak perlu dari luar Provinsi masuk. Apalagi ormas yang membuat resah," tegasnya.

Aksi penolakan itu dilakukan karena TBBR dianggap Ormas yang meresahkan masyarakat secara umum dan memarjinalkan sesama suku Dayak.

Selain itu TBBR juga dianggap belum resmi terdaftar di Kesbangpol Provinsi Kalteng dan tidak menganggap lembaga adat dan ormas adat Dayak di Kalteng.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments