Kalteng

Fraksi PDIP Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Murung Raya Melalui Perubahan APBD

MURUNG RAYA – Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Murung Raya meng-apresiasi atas capaian dan kinerja yang telah dilakukan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya. Namun demikian ada beberapa catatan penting yang perlu menjadi perhatian untuk Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD.

Sekretaris Fraksi PDIP Rumiadi SE SH MH dalam pembacaan pandangan fraksinya pada Sidang Paripurna tersebut mengungkapkan beberapa catatan penting yang perlu dibahas. Menurut Fraksi PDIP ini perlu adanya terobosan perubahan atas postur APBD mendatang yang sifatnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Catatan penting kami, perlu adanya daya dobrak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Sehingga Belanja Modal yang memang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat postur anggarannya perlu ditingkatkan paling tidak 30 hingga 40 persen,” kata Rumiadi, Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelumnya usulan peningkatan postur anggaran Belanja Modal ini tentunya seimbang dengan perampingan postur Belanja Operasional yang mencapai 70 persen pada APBD tahun 2021 yang lalu, atau sekitar Rp 865 miliar rupiah dari total APBD Kabupaten Murung Raya sekitar Rp 1,2 triliun rupiah.

Fraksi PDIP menegaskan dengan adanya peningkatan kondisi perekonomian masyarakat ini nantinya akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari semua sektor, salah satu yang menjadi perhatian fraksi PDIP ini adalah pada sektor strategis yaitu potensi pariwisata.

“Harus ada inovasi terobosan kebijakan untuk dapat menyerap PAD yang lebih banyak lagi. Pembangunan dan pengelolaan destinasi wisata merupakan sektor strategis yang bisa menjadi pilihan utama,” pungkasnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments