Barut

Gelar Pelatihan Upaya Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia

MUARA TEWEH – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara menggelar kegiatan pelatihan tata rias salon, di aula Disnakertranskop UKM, Selasa (23/7/2024). Dalam kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 19 orang peserta yang sebelumnya mengikuiti seleksi dari panitia. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur dan dihadiri pejabat lingkup Dinas Nakertranskop UKM dan para peserta pelatihan.

Dikatakan Mastur, Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan visi dan misi serta program dan kegiatannya salah satunya adalah bagaimana upaya percepatan pembangunan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dijelaskannya Dinas Nakertranskop UKM yang merupakan organisasi perangkat daerah Barito Utara yang mempunyai tugas dan fungsi melalui program dan kegiatannya, antara lain peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, yakni melalui program dan kegiatan bidang Ketenagakerjaan, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Program dan kegiatan ini kata dia, secara kontinu dan berkelanjutan serta terukur terus dan terus  dilakukan agar memberikan dampak yang signifikan terhadap percepatan pemberdayaan tenaga kerja, calon wirausaha. 

Menurut dia peningkatan kualitas SDM terkait dengan pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi sangat perlu dan penting dilakukan, karena dengan hal ini diharapkan akan dapat dan mampu menciptakan usaha atau berwirausaha dan juga memasuki dunia usaha dan dunia industri. 

Dengan itu kata Kadis Nakertranskop UKM akan berdampak kepada peningkatan pendapatan secara ekonomi, mengurangi inflasi, pengangguran dan kemiskinan di wilayah Barito Utara.

Mastur juga menyampaikan, Disnakertranskop-UKM di tahun anggaran 2024 ini, cukup banyak program dan kegiatan peningkatan kualitas SDM tenaga kerja, koperasi, usaha mikro dan kecil serta masyarakat.

Seperti halnya program pemagangan dalam negeri dan pelatihan yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan, seperti pelatihan alat berat dan sarana, pelatihan koperasi UMK serta masyarakat eks Desa Transmigrasi maupun masyarakat di wilayah sekitar hutan.

“Adapun pelatihan yang dilakukan pembukaannya pada hari ini, yakni pelatihan tata rias salon yang diselenggarakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertranskop-UKM Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Kadis Nakertranskop UKM juga mengakatqn, maksud dan tujuan dilaksanaknnya kegiatan pelatihan ini yaitu untuk membekali peserta pelatihan agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan kompetensi di bidang tata rias salon. Juga mempersiapkan dan menciptakan wirausahawan-wirausahawan dibidang tata rias salon setra mengurangi pengangguran terbuka di daerah setempat.

“Dengan harapan para peserta dapat menciptakan usaha atau berwirausaha atau juga sebagai tenaga kerja atau karyawan di salon-salon yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara atau di luar Kabupaten Barito Utara,” kata M Mastur.

Sementara Kepala UPTD BLK Dinas Nakertranskop UKM, Akurnadi mengatakan dalam kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 16 peserta yang berasal dari dalam kota Muara Teweh dan beberapa Kecamatan di daerah setempat.

“Pelaksanaan kegiatan pelatihan tata rias salon ini dilaksanakan selama 4 hari kerja yang dimulai pada hari ini tanggal 23 Juli sampai 26 Juli 2024 di Aula Disnakertranskop UKM dan Aula UPTD BLK,” kata Akurnadi.

 (Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments