Barut

Pj Bupati Barito Utara Canangkan Pekan Imunisasi Polio

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kesehatan setempat melaksanakan kegiatan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 di halaman SDN 5 Melayu Muara Teweh, Selasa (23/7/2024).

“Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio adalah momen penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio di seluruh indonesia. Acara ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya imunisasi dalam melindungi anak-anak dari penyakit polio, serta untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi secara umum,” kata Pj Bupati Drs Muhlis saat pencanangan di halaman SDN 5 Melayu Maura Teweh, Selasa (23/6/2024).

Karena itu kata Muhlis, dirinya mengajak semua pihak, baik itu orang tua, tenaga kesehatan, maupun masyarakat luas, untuk berperan aktif dalam mendukung program imunisasi nasional ini.

Menurut Muhlis, Pemerintah Kabupaten Barito Utara berkomitmen dalam penyediaan vaksin yang aman dan berkualitas serta memastikan kemudahan akses imunisasi bagi semua anak untuk mendapatkan vaksin polio agar mencegah penyebaran penyakit polio dan melindungi anak-anak dari dampaknya.

Dikatakannya, imunisasi polio adalah langkah krusial dalam rangkaian upaya kesehatan masyarakat. Dengan memastikan bahwa setiap anak mendapatkan vaksinasi yang tepat waktu, kita tidak hanya melindungi mereka secara individu, tetapi juga membangun fondasi kesehatan yang kokoh bagi seluruh komunitas.

Muhlis juga berharap acara pencanangan pekan imunisasi nasional polio tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 pada dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio. 

"Mari kita jadikan pekan imunisasi nasional polio ini sebagai momentum untuk berbagi informasi, menginspirasi orang lain, dan merangkul lebih banyak anak-anak untuk mendapatkan perlindungan yang mereka butuhkan,"kata dia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Ruyanto mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan PIN Polio tahun 2024 yaitu upaya tanggap kasus dan kewaspadaan dini Kejadian Luar Bisasa (KLB) Polio. Memastikan kegiatan PIN Polio 2024 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui pencanangan.

Untuk peserta PIN Polio di SDN 5 Melayu ini yaitu siswa SDN 5 Melayu kelas I dan II dengan batas usia 7-8 tahun. Sedangkan untuk petugas PIN Polio adalah personil dan Jurim dari UPT Puskesmas Muara Teweh sesuai wilayah kerja Puskesmas.

Pelaksanaan Polio tingkat Kabupaten Barito Utara dilaksanakan dalam dua putaran disetiap wilayah yaitu putaran pertama dilaksanakan tanggal 23-30 Juli 2024, putaran kedua tanggal 2 6-17 Agustus 2024. 

Untuk sasaran PIN Polio adalah anak usia 0-7 tahun (7 tahun 11 bulan 29 hari). Jumlah sasaran di Kabupaten Barito Utara sebanyak 21.595 anak dengan target cakupan 95 persen. Dan tempat untuk mendapatkan Imunisasi Polio di sekolah SD, MIN, TK, PAUD Negeri dan Swasta, Posyandu, Poskedes, Polindes, Pustu dan Puskesmas.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments