Bartim

Gelar Tradisi Potong Pantan Sambut Kedatangan Kejati Kalteng DI Barito Timur 

TAMIANG LAYANG - Rombongan Kejaksaan tinggi Provinsi Kalimantan Tengah disambut baik oleh Bupati kabupaten Barito Timur Dr.  Ampera AY Mebas SE.,MM dan jajarannya  di rumah jabatan Bupati, Rabu 26 Oktober 2022.

Rombongan disambut dengan tradisi adat Dayak yaitu potong Pantan sebelum memasuki rumah jabatan. Adapun kunjungan tersebut juga disambut dengan kehadiran Ketua DPRD Bartim, Kapolres dan tentunya Kejari Bartim dan jajaran Pemerintah kabupaten Bartim.

Dalam sambutannya, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kunjungan rombongan Kejati yang dapat hadir di bumi yang berjuluk Jari Janang Kalalawah dalam kegiatan ramah tamah.

"Kami selaku Kepala Daerah, dan atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengucapkan selamat datang kepada Kajati Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak Pathor Rahman, SH., MH beserta rombongan. Mudah-mudahan dengan Kedatangan Bapak Kajati ini lebih mempererat tali silaturrahim antara Pemerintah Kabupaten Barito Timur dengan jajaran Kejaksaan, khususnya dalam menghadapi segala macam persoalan di tengah tengah masyarakat," sambut Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memaparkan kronologi maupu sejarah Kabupaten Barito Timur yang dibentuk pada tahun 2002 sehingga pada saat ini berusia 20 tahun, Kabupaten Barito Timur terdiri dari 10 Kecamatan, 101 Desa dan 3 Kelurahan dengan luas wilayah 3.834 KM².

"Perlu kami laporkan program yang diprioritaskan pada Tahun 2022 ini, diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan, sesuai dengan tema pembangunan Tahun 2022 yaitu peningkatan daya saing daerah dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan," jelas Bupati.

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di Bartim ini, sedangkan arah kebijakan tahun 2022 adalah pengembangan usaha pertanian, peningkatan produktivitas sektor perikanan, penumbuhan industri kecil dan menengah, pengembangan kawasan industri potensial, pengembangan infrastruktur dan akomodasi wisata desa atau kelurahan.

"Saya mengucapkan terimakasih sudah menjenguk kami di Kabupaten Barito Timur dan saya ucapkan selamat datang di "Bumi Jari Janang Kalalawah", mohon dukungan dan kerja samanya untuk Kabupaten Barito Timur," harap Bupati.

Dalam kegiatan tersebut, Kejati Kalteng juga menyampaikan sambutannya yang juga memperkenalkan diri serta kunjungan dalam agenda ramah tamah tersebut.

Usai menyampaikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Kejati kepada Bupati dan sebaliknya, Bupati juga menyerahkan cinderamata kepada Kejati. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan acara ramah tamah.

(Ahmad Fahrizali)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments