P. Raya

Gubernur Kalteng Cek Kesiapan Personil Dan Sarpras Penanganan Darurat Bencana Banjir

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, Gelar Apel Personil dan Peralatan Guna Mengetahui Ketersediaan dan Kesiapan Personil Serta Sarana Prasarana Dalam Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir di Kalimantan Tengah.

Pemprov Kalteng Bersama Forkopimda Kalteng Melaksanakan Gelar Apel Personil Dan Sarpras di Halaman Depan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah Yang Dipimpin  Langsung Oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, pada kamis pagi, 9 september 2021.

Dalam arahannya  Gubernur menyampaikan,  banjir terjadi di Kalimantan Tengah Berdampak Pada 11 Kabupaten, Kota Yaitu Lamandau, Kotawaringin Barat, Sukamara, Seruyan,  Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Murung Raya Dan Palangka Raya, disebabkan oleh peningkatan intensitas curah hujan yang terjadi pada bulan lalu.

Dari 11 Kabupaten/Kota, Sebanyak 6 Kabupaten Menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, Diantaranya Kobar, Katingan, Seruyan, Kotim, Lamandau, dan Gunung Mas. Sedangkan 1 Kabupaten Menetapkan Status Siaga Darurat yaitu Pulang Pisau.

Gubernur Kalimantan Tengah menegaskan, pihaknya menerjunkan beberapa personil bantuan untuk daerah yang kekurangan tenaga personil di setiap kabupaten yang berstatus tanggap darurat bencana banjir di Kalimantan Tengah. Guna mengevakuasi warga jika sewaktu waktu terjadi kenaikan debit air di das.

Sebelumnya, Pemprov Kalimantan Tengah telah menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di dua Kabupaten, yakni Kotim dan Katingan.  Selanjutnya pihaknya akan menyalurkan bantuan lagi di setiap kabupaten lainnya sesuai dengan perkembangan di lapangan. Sementara dukungan Pemprov Kalimantan Tengah kepada masyarakat terdampak banjir tahap selanjutnya mempersiapkan makanan siap saji, penambahan dapur umum, bantuan sembako serta pelayanan kesehatan dan lain-lain, guna meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

 

(Surya Adi Winata/ Nor Rida)
 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments