P. Raya

Guru Adalah Ujung Tombak Aktivitas Masa Depan Anak Bangsa

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi mengatakan, guru adalah ujung tombak semua aktivitas pendidikan. Menurutnya, membahas sosok guru, maka sesungguhnya sedang membahas masa depan anak bangsa.

"Komisi C sejak awal terus-menerus memperjuangkan posisi guru sebagai bidang yang memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," katanya, Selasa, 29 November 2022.

Politisi Golkar itu menjelaskan setidaknya terdapat empat persoalan mendasar mengenai guru. Pertama masalah ketercukupan. Jumlah kebutuhan guru menjadi masalah mendasar, apabila jumlah guru mengalami kekurangan maka akan bermasalah.

Kedua, masalah sebaran, bukan hanya sekedar jumlahnya tetapi juga tersebar merata, tidak hanya menumpuk di pusat kota. Namun semua daerah-daerah harus mendapatkan jumlah guru yang proporsional.

Ketiga, masalah kompetensi, program-program pemerintah yang terkait dengan upaya meningkatkan kompetensi itu juga menjadi pengawalan dari legislatif.

"Keempat, yaitu kesejahteraan. Ketika kita meletakkan peradaban di pundak guru, ironis kalau kemudian kesejahteraan mereka sangat minim,” pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments