P. Raya

H. Edy Pratowo Buka Pasar di Stadion HM. Sanusi Kab. Pulpis

PULANG PISAU – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo meninjau Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Stadion HM Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat 14 Oktober 2022. 

Turut mendampingi Wagub antara lain, Wakapolda Kalteng Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, serta Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

Wagub mengatakan, jika inflasi tidak ditekan maka akan terus meningkat di akhir tahun nanti. “Kita akan menghadapi natal dan tahun baru (nataru), jangan sampai kebutuhan sembako menjadi langka di pasar atau melonjaknya harga di pasaran,” ucapnya.

Di Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini disediakan 3000 paket bahan pokok. Di Stadion HM Sanusi disiapkan 2000 paket dan di Masjid Al-Jabir Desa Jabiren sebanyak 1000 paket, yang dijual seharga 150 ribu rupiah. Eloknya, warga setempat bisa memperoleh paket sembako secara gratis karena Pemprov. Kalteng memberikan subsidi sebesar 100 ribu rupiah per paket, dan anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran memberikan subsidi 50 ribu rupiah per paket. Tak ayal, warga pun bersorak gembira menyambut paket sembako gratis tersebut.

Sebagaimana diketahui Pasar Penyeimbang ini merupakan bagian dari upaya mengendalikan inflasi serta menjaga daya beli masyarakat di saat inflasi dan kenaikan BBM.

Pasar Penyeimbang serupa telah dilaksanakan sebelumnya di Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu. Sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran, kabupaten dan kota di Kalteng agar melaksanakan Pasar Penyeimbang secara rutin dan berkala agar dapat mengurangi beban masyarakat.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments