P. Raya

H. Sugianto Sabran Dan H. Edy Pratowo Kunjungi Lokasi Pertanian Di Desa Garung

PULANG PISAU – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengunjungi lokasi pertanian yang berada di Desa Garung Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat 14 Oktober 2022. 

Turut hadir pula Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Deputi Perwakilan BI Kalteng Magfur, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Kepala Biro Ekonomi Said Salim, Plt. Kepala BKAD Daldin dan Plt. Kepala Biro Kesra Ahmad Faruka.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur memberikan motivasi kepada masyarakat Kalteng khususnya kaum milenial agar semangat menjadi petani. “Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau bekerja keras dan mau merubah hidup kita, sisanya kita serahkan ke Allah SWT.,” ucapnya. Menurut Sugianto, keberhasilan Prianto dalam mengelola lahan pertanian, mampu meraup penghasilan yang cukup menjanjikan.

"Kesempatan terbuka lebar, lahan kita cukup subur, kita lihat hasilnya seperti terong, mentimun, cabai dan sayur mayur lainnya begitu tumbuh subur. Saatnya merubah pola pikir yang selalu bercita-cita jadi pegawai negeri dengan melihat potensi luar biasa di sekeliling kita, yaitu pertanian. Pemuda harus Hantak Siku yang artinya harus memiliki semangat kerja keras” imbuhnya.

Gubernur berharap ke depannya Kalteng tidak menjadi konsumen lagi dan bisa menjadi produsen bahan pangan yang bisa dijual ke provinsi lain. “Harapannya hasil bumi Kalteng di tanah yang subur ini benar-benar bisa dimanfaatkan menjadi kekuatan ekonomi Kalteng ke depannya,” pungkasnya. 

Sementara, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PAUD Prov. Kalteng Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo berpesan kepada generasi muda kaum milenial yang ada di Kalteng untuk tidak hanya menunggu dibukanya lapangan pekerjaan tetapi juga membuka lapangan perkerjaan baru. “Karena kita punya lahan tidur yang banyak sekali di Kalimantan Tengah ini,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Hj. Sunarti, ia mengatakan bahwa kaum milenial jangan ragu dan malu untuk menjadi petani.

“Segala keperluan untuk bertani, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah siap support. Selain untuk mendapatkan penghasilan, bertani juga sebagai support kita terhadap masyarakat Kalimantan Tengah bahwa nantinya Kalimantan Tengah akan punya ketahanan pangan sendiri,” ungkapnya.

Di akhir kunjungannya, Gubernur menyerahkan bantuan pinjaman kepada Prianto dan Titin senilai 200 juta rupiah. “Ini pinjaman dari Gubernur, Istri Gubernur, Wakil Gubernur dan juga Istri Wakil Gubernur. Mudah-mudahan uang ini bisa berkembang menjadi miliaran rupiah nantinya, dan silahkan dikembalikan dengan nominal yang sama karena tidak ada bunganya,” pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments