P. Raya

H. Edy Pratowo Hadiri Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya ke-57 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-65 Tahun 2022

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya ke-57 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke-65 Tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Minggu 17 Juli 2022.

Edy Pratowo mengatakan walaupun ditengah pandemi COVID-19 yang melanda secara berkepanjangan, pembangunan yang telah dilaksanakan bersama antara Pemerintah Kota Palangka Raya dan seluruh warga masyarakat Kota Palangka Raya tetap mampu bertahan dan menunjukkan berbagai perubahan. Hal tersebut antara lain ditunjukkan dengan adanya beberapa aspek kesejahteraan masyarakat dengan indikator sebagai berikut. Pertama, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) Kota Palangka Raya Tahun 2021 sebesar 19,65 Trilyun Rupiah sedikit turun dibandingkan pada tahun 2020 sebesar 18,28 Trilyun Rupiah. Diantara Produk Dometik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) Tingkat Prov. Kalteng, Kota Palangka Raya termasuk tiga besar bersama Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kedua, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2021 sebesar 80,82 Persen ada kenaikan 0,05 Persen pada capaian IPM tahun 2020 sebesar 80,77. Berdasarkan Data tahun 2021, dari 14 kabupaten/kota di Kalteng yang masuk kategori IPM tinggi sebanyak 7 kabupaten dan Kota Palangka Raya masuk kategori sangat tinggi. IPM tersebut terdiri dari komponen kesehatan (angka harapan hidup), pendidikan (angka Harapan Lama Sekolah) serta ekonomi masyarakat (pengeluaran per kapita yang disesuaikan). Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya, sekalipun ditengah kondisi pandemi COVID-19. Hal tersebut ditunjukkan dengan sejumlah kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan sehingga berdampak pada naiknya angka IPM. Naiknya angka IPM ini sejalan dengan implementasi visi misi Wali Kota Palangka Raya berupa Smart Environment, Smart Society dan Smart Economy.

Ketiga, Rata - rata lama Sekolah (RLS) di Kota Palangka Raya mengalami peningkatan sebesar 0,01 dari tahun sebelumnya. Pada Tahun 2021, RLS Kota Palangka Raya sebesar 11,53 Tahun dibandingkan Tahun 2020 sebesar 11,52 Tahun. RLS Kota Palangka Raya lebih tinggi dibandingkan dengan RLS Kalteng pada Tahun 2021 sebesar 8,64. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki RLS hingga jenjang Pendidikan SMA Kelas III.

Keempat, Pendidikan di Kota Palangka Raya mengalami perkembangan yang ditunjukkan dengan meningkatnya angka Harapan Lama Sekolah (HLS) dan RLS. HLS Kota Palangka Raya Tahun 2021 sebesar 14,96 Tahun meningkat 0,01 dari Tahun 2020 yaitu sebesar 14,95 Tahun. Kelima, Harapan Hidup Kota Palangka Raya mengalami peningkatan sebesar 0,03 dari tahun sebelumnya. Umur Harapan Hidup (UHH) Kota Palangka Raya di tahun 2021 sebesar 73,24 Hal ini disebabkan karena perbaikan- perbaikan sarana prasarana fasilitas kesehatan diiringi dengan penambahan sumber daya kesehatan baik dokter, tenaga medis, dan lainnya sehingga mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Terakhir, Nilai Tukar Petani (%) Kota Palangka Raya Tahun 2021 sebesar 104,55% meningkat dibandingkan pada Tahun 2020 yaitu sebesar 98,98%. Dimana Nilai Tukar Petani merupakan produksi untuk mengukur daya beli atau daya tukar hasil produksi terhadap biaya kebutuhan konsumsi dan produksi rumah tangga petani produsen termasuk peternak dan nelayan.

Disampaikan juga selain berbagai kemajuan pembangunan yang telah dicapai, berbagai prestasi juga mampu diraih oleh Kota Palangka Raya, antara lain mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI 6 (enam) kali secara berturut turut, meraih Predikat B Indeks Pelayanan Publik, indeks inovasi daerah cukup inovatif, meraih Predikat B dari Kemenpan RB atas implementasi pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) serta piagam penghargaan BKN Award Tahun 2021.

“Pemerintah Kota Tipe B Peringkat II kategori 5 dalam Komitmen Pengawasan dan Pengendalian serta beberapa capaian kinerja lainnya yang masih bisa kita pertahankan walaupun dimasa pandemi. Semua gambaran keberhasilan yang telah dicapai ini, bukanlah hasil perjuangan pemerintah semata, tetapi keberhasilan ini adalah hasil sinergi antara pemerintah dengan masyarakat”, tutupnya.

Upacara dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Kota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, Bupati se-Kalteng, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Unsur Forkopimda Kota Palangka Raya, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Para Asisten, Staf Ahli Pemerintah Kota Palangka Raya, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta Kalteng, Pimpinan Perbankan di Kalteng, Ketua Organisasi Agama, Organisasi Sosial dan Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments