P. Raya

H. Edy Pratowo Hadiri Workshop Pendalaman Tugas Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan Tahun 2022

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo membuka secara resmi Workshop Pendalaman Tugas Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan Prov. Kalteng Tahun 2022. Workshop berlangsung di Ball Room Best Western Batang Garing Hotel, Kamis 10 Maret 2022.

H. Edy Pratowo mengatakan sebagai mitra sejajar Kepala Daerah, DPRD memiliki peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktifitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wewenang, dan fungsi DPRD. 

Begitu penting dan sentralnya peran dan fungsi DPRD, dibutuhkan figure atau profil anggota dewan dengan kompetensi yang prima, dengan memiliki pengetahuan (knowledge) yang luas, kemampuan (skill) yang handal serta sikap (attitude) yang baik.

Ia mengutarakan, problematika di seputar kebijakan keuangan daerah tidak terlepas dari bagaimana sistem, mekanisme, dan perilaku Pemerintahan daerah di dalam mengelola keuangannya, berbagai masalah penting terkait pengelolaan keuangan daerah antara lain meliputi masalah-masalah yang terjadi dalam semua tahapan penganggaran (perencanaan, pengesahan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban), oleh karenanya berbagai masalah tersebut seharusnya menjadi dasar kebijakan keuangan baik dalam KUA – PPAS maupun RAPBD setiap tahun dan regulasi tentang pengelolaan keuangan daerah, DPRD sebagai representasi suara masyarakat di tingkat lokal, tentu mempunyai kualitas pelayanan publik, penuntasan masalah kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, alat utama untuk mencapai itu adalah APBD yang partisipatif, transparan, dan akuntable. 

Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Kalteng Sri Widanarni dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai berikut yakni meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi DPRD. Selain itu, meningkatkan kapasitas DPRD Kabupaten dalam Pembahasan Dokumen APBD Kabupaten, peserta mampu menganalisis Penyusunan APBD dan peningkatan efektifitas dan kualitas pembahasan Dokumen APBD.

Acara ini dihadiri secara langsung diantaranya Kasubdit Wilayah II Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah pada Ditjen Otda Kemendagri Rozi Beni, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Katma F. Dirun, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan sekaligus peserta Workshop Pendalaman Tugas Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng serta Widyaiswara/Pengajar.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments