Kalteng

H. Nuryakin Hadiri Musayawarah Perencanaan Pembangunan Regional 

JAKARTA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin menghadiri Musayawarah Perencanaan Pembangunan Regional (MUSRENBANGREG) Kalimantan di Hotel Sari Pasific Jakarta, Sabtu 21 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur se Kalimantan dan atau yang mewakili. Agenda utama dari Musrenbang Regional Kalimantan dimaksud adalah mendorong percepatan pembangunan regional Kalimantan yang selaras dengan pembangunan Ibu Kota Negara di Nusantara. Untuk itu diperlukan sinergitas antar Provinsi di wilayah Kalimantan dalam menetapkan dan mengusulkan program prioritas di daerah masing-masing.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri mengusulkan beberapa program prioritas nasional diantaranya; pembangunan Dermaga Sei. Ijum serta Pembangunan Dermaga Basirih dan Bapinang tahap III di Kabupaten Kotawaringin Timur, Pembangunan Dermaga Lupak Dalam Kapuas Kuala, Pembangunan Pelabuhan Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau, Layanan angkutan udara perintis di Kabupaten Seruyan, dan pembangunan Dermaga Sungai Kumai di Kumai Hilir dan Sei Kapitan tahap III di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Dalam forum ini kita mengsulkan beberapa hal yang terkait dengan sektor perhubungan yang diharapkan menjadi program prioritas nasional untuk mendukung IKN. Karena konektifitas antar wilayah dan ketersediaan dermaga sangat penting untuk kebutuhan fasilitasi arus orang dan barang” ungkap Nuryakin. 

Lebih lanjut Nuryakin menyebut dengan terbangunnya sektor perhubungan akan menjadi daya ungkit perekonomian yang signifikan, dan tentu hal tersebut merupakan bagian dari kesiapan menyambut Ibu Kota Negara yang baru di Nusantara.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Teguh Setyabudi menyebut bahwa perlunya kesiapan regional Kalimantan dalam pembangunan IKN. Ia menjelaskan diantara kesiapan itu adalah penyiapan SDM yang adaftif dan mampu bersaing, mendorong pengembangan sentra industri dan perkebunan, meningkatkan peluang investasi daerah dan optimalisasi pengelolaan kawasan strategis, pembangunan infrastruktur penghubung IKN dengan Kawasan penyangga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional.

“Tidak kalah pentingnya adalah dukungan food estate kawasan pangan dan dukungan kebutuhan pangan melalui penyiapan kawasan sentra produksi pangan” pungkas Teguh.

Menanggapi pernyataan Dirjen Bangda, Nuryakin menegaskan bahwa kesiapan regional Kalimantan dari berbagai aspek adalah sebuah keniscayaan yang harus dipersiapkan dengan baik.

“Sebagai provinsi yang beririsan dengan Ibu Kota Negara merupakan satu peluang yang sangat besar apabila kita mampu menjadi masyarakat yang adaftif dalam melihat perubahan, di sisi lain bisa menjadi persoalan apabila kita tidak siap, untuk itu kita harus mampu menangkap kesempatan tersebut menjadi peluang positif dari semua aspek bagi Kalimantan Tengah” tutup Nuryakin.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments