P. Raya

H. Nuryakin Hadiri Rapat Lanjutan Terkait Penyampaian Hasil Monev Penanganan Pmk Di Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau Dan Kabupaten Katingan

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin memimpin rapat lanjutan terkait penyampaian hasil monitoring dan evaluasi (monev) penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan, bertempat di ruang rapat Bajakah Kantor Gubernur, Jumat 14 Oktober 2022. 

Turut hadir Ketua Tim Monev PMK Nasional Ary Laksmana Widjaja, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng Falery Tuwan, dan unsur Forkopimda. Hadir pula Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Pada kesempatan itu, perwakilan dari tim monev Kabupaten Pulang Pisau melaporkan bahwa di Kabupaten Pulang Pisau terdapat tujuh kasus PMK, dimana tiga kasus dapat disembuhkan dan empat kasus dilakukan pemotongan bersyarat.

“Untuk vaksinasi, terdapat 4600 dosis vaksin dan yang sudah digunakan 1800 dosis vaksin untuk 900 ekor hewan, sedangkan sisanya 2800 dosis vaksin untuk 1400 ekor hewan belum digunakan,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan tim monev Kabupaten Katingan melaporkan, pada Juli 2022 lalu telah ditemukan 11 ekor hewan yang sakit dan sudah dilakukan pengambilan sampel di Banjarbaru.

“Alhamdulillah setelah diberi pengobatan, vitamin dan lain-lain hewan tersebut semuanya dinyatakan sembuh. Di Kabupaten Katingan, hewan yang sudah divaksinasi adalah 40% dari populasi, dimana tersedia 3000 dosis vaksin dan yang telah digunakan adalah 1333 dosis untuk 600 ekor hewan,” pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments