P. Raya

H. Sugianto Sabran Ajak Masyarakat Kalteng Biasakan Makan Ikan

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam berbagai kesempatan mengajak dan memotivasi masyarakat untuk selalu mengkonsumsi makanan berbahan ikan sebagai menu sehari-hari. Gubernur mengimbau Bupati/Walikota, Perangkat Daerah, serta Pemangku Kepentingan untuk mengajak masyarakat di wilayahnya agar gemar memakan ikan.
Melalui Surat Nomor 523/202/DKP tanggal 29 Oktober 2021 Gubernur mengatakan, “Saya mengimbau bagi seluruh Bupati/Walikota, Perangkat Daerah, serta Pemangku Kepentingan agar menyajikan menu berbahan ikan lokal dalam kegiatan rapat ataupun kegiatan harian lainnya, serta mengajak masyarakat di wilayahnya untuk mengkonsumsi ikan, terutama ikan lokal khas Kalimantan Tengah sebagai menu makanan sehari-hari.” Ujar orang no satu di KalTeng ini, Sabtu 27 November 2021.

Sugianto menambahkan, “Dengan selalu mengkonsumsi ikan, sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita untuk selalu sehat, kuat, dan cerdas. Selain itu adanya kandungan gizi dalam ikan diharapkan dapat menurunkan terjadinya stunting pada anak.”

Seperti kita ketahui, ikan memiliki beragam manfaat apabila dikonsumsi secara teratur dan diolah dengan baik. Kandungan gizi dalam ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh, yaitu terdapat Omega-3, Protein, Zat Besi, dan Fosfor, serta kandungan gizi lainnya. 

Kandungan Omega-3 dalam daging ikan berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan dan anak di masa pertumbuhan. Protein berguna untuk membangun massa otot dan meregenerasi sel-sel lama dalam tubuh dengan sel-sel yang baru. Zat Besi berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah untuk mengikat oksigen, sedangkan Fosfor bermanfaat untuk kesehatan tulang.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments