Kalteng

H. Sugianto Sabran Ingatkan Penanganan Secara Simultan, Pandemi COVID-19, Kenaikan BBM, Inflasi Hingga Banjir

LAMANDAU - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran tekankan perkuat ketahanan pangan antisipasi kenaikan inflasi dan menginstruksikan seluruh elemen untuk memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomis.

Gubernur Sugianto Sabran saat menyampaikan arahannya pada Apel Gabungan dan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov Kalteng untuk Penanganan Bencana Banjir di Kabupaten Lamandau, bertempat di Gedung Serba Guna Sembaga Mas Nanga Bulik, Selasa 1 November 2022 mengatakan,  “Inflasi penting kita kendalikan. Kepada Bupati Lamandau, TNI/Polri, serta seluruh ASN di Kalteng agar memanfaatkan tanah kita yang subur untuk menanam bibit-bibit sayuran di pekarangan rumah seperti cabe rawit, cabe merah, cabe keriting, bawang merah, tomat, kacang panjang, timun dll.”,

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, untuk menekan laju inflasi jangka pendek diadakan pasar penyeimbang. Untuk jangka panjangnya dengan melakukan gerakan menanam bersama dimulai dari pekarangan rumah.

Ia berharap, untuk tahun 2024 mendatang tidak lagi mendatangkan beras dari luar daerah. “Kalteng punya Food Estate, kita harus maksimalkan untuk kemandirian pangan di Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Gubernur juga meminta Kepala Daerah menganggarkan anggaran untuk penguatan ketahanan pangan di masing-masing daerah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments