P. Raya

Hadapi Lonjakan Covid 19 di Kalteng, Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Tingkatkan

PALANGKA RAYA - Suyuti Syamsul mengatakan sejak kembali adanya lonjakan kasus covid-19 mulai minggu pertama bulan Februari 2022 serta masuknya varian omicron ke wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Pemerintah, pihaknya sudah mempersiapkan sedini mungkin kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan diwilayah Kalimantan Tengah, terutama Rumah Sakit baik dari sisi kesiapan tenaga kesehatan, alat kesehatan, obat-obatan, oksigen, dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) maupun kesiapan sarana prasarana pendukung lainnya. Hal tersebut diungkapkan Suyuti Syamsul, Sabtu 5 Maret 2022.

Menurut  Suyuti, selain Rumah Sakit sebagai tempat perawatan pasien-pasien yang terkonfirmasi Covid-19 yang mengalami gejala sedang sampai berat atau pasien yang beresiko (punya penyakitbawaan), di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah juga menyediakan tempat isolasi terpusat (Isoter) yang diperuntuk kan bagi masyarakat yang terkonfirmasi covid-19 dengan gejala ringan/tanpa gejala serta yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dengan persyaratan khusus.

Apabila persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka masyarakat tersebut diarahkan atau ditampung di tempat-tempat Isoter yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Adapun jumlah tempat tidur yang tersedia total 1.472 tempat tidur dan data terakhir sampai dengan tanggal 01 maret 2022BOR = 0%atau tidak ada penggunaan tempat tidur. 

“ Mencermati fakta dan  data yang saya sampaikan tadi, maka dapat disimpulkan pelayanan kesehatan khusus untuk masyarakat yang terkonfirmasi covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah masih terkendali,” pungkas Suyuti Syamsul. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments