P. Raya

Hardiknas Dengan Tema Bergerak Bersama Semarakkkan Merdeka Belajar

PALANGKA RAYA - Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng. Upacara di Pimpin Wakil Gubernur Edy Pratowo, Selasa (2/5/2023).

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Mei. Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar."

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Nadiem Anwar Makarim melalui Wagub Edy Pratowo menyampaikan, selama 3 tahun terakhir, perubahan besar terjadi dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan, membawa kita semakin dekat dengan cita cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagia-an yang setinggi tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literansi dan bernalar.

Edy mengajak semua untuk menyemarakkan dengan semangat meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan membawa Indonesia melompat kemasa depan dengan pendidikan memerdekakan.

Herson aden Plt. Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng mengatakan saat di wawancarai mengatakan, merdeka belajar adalah sebuah kurikulum yang digunakan untuk SMA/SMK dan SLB, dimana penerapan merdeka belajar berbeda dengan kurikulum 2013.

Hadir dalam upacara Asisten  Bidang Perekonomian dab Pembangunan Setda Provinsi Kalteng Leonard S.Ampung, Kepala sekolah SMA/SMK /SMU/SLB sederajat sekalteng pejabat Eselon III dan IV serta seluruh ASN Disdik Provinsi Kalteng dan Perwakilan Siswa Siswi SMA/SMK/SMU/SLB sederajat.

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments