P. Raya

Heri Purwanto : Harapkan Kota Cantik Memiliki Komoditas Pertanian Unggulan

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto berharap, Kota Cantik memiliki komoditas pertanian unggulan.

“Kita harus punya komoditas andalan tersendiri, jangan terpaku dengan daerah lain. Salah satu contoh ikut mengembangkan tanaman porang,” kata Heri, Selasa 27 September 2022.

Dijelaskannya, porang merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang biasa digunakan sebagai bahan dasar salah satu makanan khas jepang, yakni shirataki.

Selain itu, tanaman yang dapat tumbuh hingga 1,5 meter tersebut, juga banyak digunakan sebagai bahan baku tepung, penjernih air, kosmetik, pembuatan lem dan jelly. “Bahkan berdasarkan pernyataan Presiden RI Joko Widodo, tanaman porang ini menjadi komoditas ekspor baru yang memberikan keuntungan tinggi,” ucapnya.

Untuk mengembangkan tanaman porang, dalam satu hektarnya memerlukan biaya sekitar Rp 300 juta. Namun, jika tidak benar-benar menguasai tehnik budidayanya  dikhawatirkan hasil yang diperoleh tidak sesuai target.

Untuk itu, perlu adanya peran dari pemerintah dalam memberikan perhatian, khususnya dalam pembinaan, agar para petani di Kota Palangka Raya sukses mengembangkan komoditas Porang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, serat pangan, kristal kalsium oksalat dan alkaloid itu.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments