P. Raya

Hj Sunarty Srikandi Pertama di Kabupaten Barito Utara Raih Gelar Doktor

PALANGKA RAYA - Bupati Barito Utara H Nadalsyah menjadi salah satu penguji tamu pada Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Palangka Raya Dr. Hj. Sunarty S, S.Pd, M.Pd yang dilaksanakan di aula pasca  Lt II Gedung Pasca Sarjana Universitas Palangka Raya, ( 5/7/2023) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring berjalan dengan lancar dimulai pukul 14.00 s/d 16.10 WIB.

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah melalui luring memberikan apresiasi dan dukungan kepada  promovenda dengan menyampaikan pertanyaan tekait disertasi yang di angkat agar bisa diimplementasikan serta dikembangkan untuk kemajuan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Rektor Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S dalam sambutannya mengatakan, perlu direnungkan dan dipahami bahwa gelar Doktor adalah gelar akademik tertinggi yang diberikan oleh suatu lembaga pendidikan tinggi formal.

Menurutnya gelar Doktor adalah gelar tertinggi untuk pencari ilmu bagi seorang ilmuwan/ intelektual/ cendikiawan, sehingga wajar jika gelar Doktor memiliki konsekuensi tanggungjawab akademik yang tidak ringan.

Lebih lanjut Rektor Unpar Salampak menegaskan sejak saat ini saudara disebut juga sebagai orang yang sangat terpelajar, oleh karena itu hendaknya saudara bertindak dan bersikap layaknya seorang yang sangat terpelajar.

“Paling tidak, ada perubahan dalam pola pikir, walaupun saudara menyandang gelar tertinggi, saudara hendaknya tetap terbuka memperhatikan saran dan masukan untuk perbaikan dan selalu proaktif dalam pengembangan dan mencari informasi terkait ilmu yang saudara tekuni,” kata Salampak.

Menjawab pertanyaan H. Nadalsyah sebagai penguji tamu terkait kebaruan penelitian yang ditawarkan berupa tata cara pengembangan objek daya tarik wisata (ODTW) alam yang sekarang apakah dapat di implementasikan di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

Dr. Hj. Sunarty. S, S.Pd, M.Pd sebagai Promovenda menjawab bahwa dengan kebaruan penelitian ini bisa diimplementasikan pada tingkat kecamatan dan desa, pengaplikasian nya dengan cara perumusan kriteria prioritas dan memilih ODTW prioritas yang ada di Kecamatan dan desa, mengevaluasi kondisi ODTW prioritas dan kemudian merumuskan strategi pengembangan ODTW prioritas.

Dijelaskannya, untuk mendukung hal tersebut berjalan dengan lancar sebelumnya terlebih dahulu dilakukan musyawarah dan mufakat pihak kecamatan/desa untuk memutuskan ODTW mana saja yang diprioritaskan untuk pendanaan, pengelolaan dan pengawasan.

Disertasi Dr. Hj. Sunarty S, S.Pd., M.Pd dengan judul Evaluasi dan Strategi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Alam Prioritas Berkelanjutan di Kabupaten Barito Utara dan mendapatkan predikat Cumlaude dengan pujian dari tim penguji.

Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S menjabat sebagai Ketua Sidang, Prof Dr. I Nyoman Sudyana, M. Sc Sekretaris Sidang, Prof. Dr. Ir. Bambang S. Lautt, M. Si Promotor, Dr. Ir Hj. Masliani, M. P Ko-Promotor I, Dr. Linggua Sanjaya Usop, S. S., M. Si Ko-Promotor II, Dr. Eng. Indrawan Permana, ST., MA, Penguji Luar Komisi I Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, M. Sc, Penguji Luar Komisi II, Prof. Dr. Petrus Poerwadi, M.S,  Penguji Luar Komisi III, Prof. Ir. I Wayan Arthana, M. S., Ph.D, Penguji Luar Perguruan  Tinggi dari Universitas Udayana.

 

(Mardedy)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments