P. Raya

Hj.Sri Neni Trianawati : Situs Sejarah Batu Bulan peninggalan Tambun Bungai Harus Dilestarikan

PALANGKA RAYA – Salah satu situs bersejarah di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) Tambun Bungai yang terletak di Sungai Hulu Kahayan, Desa Tumbang Pajangei, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah hendaknya dapat terus dijaga dan dilestarikan, dikarenakan memiliki nilai historis.

Hal tersebut, diutarakan oleh kalangan Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata. Berkenaan hal itu, Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati meminta kepada pemerintah daerah, melalui instansi dinas terkaitnya, dapat terus menjaga dan melestarikan situs bersejarah di wilayah Kalimantan Tengah, salah satunya yakni Batu Bulan peninggalan Tambun Bungai.

“Ada beberapa situs peninggalan Tambun dan Bungai yang memiliki cerita unik dan menarik, salah satunya Batu Bulan yang berada di Sungai Hulu Kahayan. Kami harapkan agar benda bersejarah tersebut, dapat di pelihara dengan baik, sebagai situs sejarah bagi daerah ini,” harap Sri, Sabtu 6 November 2021.

Lanjut Srikandi Dewan Provinsi ini juga mendorong pemerintah daerah, untuk menjaga dan melestarikan situs bersejarah, termasuk pula Batu Bulan peninggalan Tambun dan Bungai.

“Situs Batu Bulan peninggalan Tambun dan Bungai dapat menjadi daya tarik wisata lokal maupun nasional, karena Batu Bulan itu sendiri memiliki cerita atau legenda yang luar biasa, khususnya bagi masyarakat setempat, dan masyarakat Dayak khususnya,” katanya.

Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya ini juga menuturkan sebagaimana yang diceritakan oleh beberapa tokoh masyarakat setempat Batu Bulan, dimana dulunya situs te memancarkan sinar terang kalau ada muncul bulan di langit, cahaya dari Batu Bulan bisa di liat dari jauh, cerita ini sangat menarik untuk di lestarikan bagi warisan anak cucu masyarakat Kalimantan Tengah.

Dirinya menyarankan agar lokasi Batu Bulan tersebut di buatkan tanda dan di jaga dengan baik agar bisa dilihat, kalau ada kunjungan wisatawan datang ke wilayah tersebut.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments