Sosial

Ini 'Dua Tokoh Hebat' Sangat Berpengaruh Minangkabau Saat ini 

Ada yang bertanya kenapa Ranah Minangkabau (Sumatera Barat) tidak lagi melahirkan tokoh-tokoh nasional dan berpengaruh seperti masa lalu, seperti masa pra kemerdekaan dan awal kemerdekaan.

Nan bertanya pun bukan sembarang orang, Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Sukarnoputri Presiden perempuan pertama Republik Indonesia dan Wakil Presiden perempuan pertama Republik Indonesia serta Perempuan salah satu tokoh sentral lahirnya era reformasi.

Perempuan Ketua Umum Partai Politik terbesar dan paling solid di Indonesia saat ini.

Perempuan Ketua Umum partai politik yang paling lama diamanahi oleh kadernya untuk memimpin partai.

Istri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia yang menyandang Gelar Pusako Tinggi Ranah Minangkabau, yang menandakan tidak saja menandakan sebagai orang Minang namun juga merupakan pemimpin bagi anak kemenakan di Ranah Minangkabau: (alm) Dr. (HC) Bapak Taufiq Kiemas Datuak Basa Batuah.

Ibu kandung Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan 2014-2019, salah satu Ketua DPP Partai Pemenang Pemilu: Ibu Dr. (HC) Puan Maharani.

Anak kandung Proklamator Indonesia, Bung Karno dan Fatmawati binti Hasan Din dan Siti Chadijah binti Sutan Yosah dan Fatimah Dewi, cucu Raja terakhir Kerajaan Inderapura di Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Melalui tulisan ini, izinkan ambo (saya) yang lahir dan besar di Luhak Nan Tuo Ranah Minang, Tanah Datar, persisnya ambo yang berada di bawah Payung Pusako Tinggi Datuak Majo Sindo, pasukuan Mandailing, di Jorong Mandailing, Nagari Lawang Mandailing, Kecamatan Salimpaung, Kabupatan Tanah Datar, Sumbar, Putra Mantu Wonogiri Jawa Tengah, memberitahu ke Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Sukarnoputri tentang dua tokoh Minangkabau dan dalam pentas nasional Indonesia saat ini.

Nama kedua dua tokoh hebat Minangkabau (Sumbar) yang masih tidak saja masih hidup, namun juga sangat berpengaruh dalam pentas nasional bahkan internasional, namanya:

Pertama, Prof. Dr. (HC) Megawati Sukarnoputri, anak Fatmawati, anak Siti Chadijah, anak Fatimah Dewi (sesuai sistem matrilineal yang dianut Minangkabau)

Kedua, Puan Maharani bin Taufiq Kiemas Datuak Basa Batuah dengan Prof. Dr. (HC) Megawati Sukarnoputri.

 

(Hendra J Kede/Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments