Kalteng

Kadis PMD Tanah Bumbu : Program Transmigrasi Mendorong Pembangunan Desa Terpencil

Batu Licin - Masih ada desa terpencil dan tertinggal di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, kondisi sarana dan prasarana masih minim, khususnya di fasilitas umum, jalan jembatan, sarana dan prasarana, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Dengan kondisi desa masih jauh tertinggal, sangat diharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu menjadi skala priolitas dan perhatikan keberadaan desa tertinggal tersebut untuk melakukan sentuhan-sentuhan pembangunan, SDM dan fasum, yang kedepan desa tersebut bisa seperti desa-desa lainnya.

Samsir Kepala Dinas PMD Kab. Tanah Bumbu, ketika diminta keterangan diruang kerjanya mengatakan, membenarkan terkait hal diatas, namun perlu koordinasi dengan intansi terkait, karena disitu hampir semua SKPD terkait, masing-masing punya peran dan tugas.

“Untuk mendorong kemajuan pembangunan desa tertinggal, seperti hanya Desa Dadap sangat diperlukan SDM syukur ada program transmigrasi lokal atau luar,” ungkapnya, Kemarin.

Disitu akan menjadi ramai, besar kemungkinan dari orang tran sendiri pasti akan ada SDM yang bisa membantu pemikiran dalam kemajuan pembangunan desa tersebut. Karena sudah banyak contohnya di Kalimantan Selatan yang wilayah daerahnya ada program transmigrasi  masuk banyak yang mengalami kemajuan. Karena mengikuti program transmigrasi sudah bulat untuk merubah nasibnya lebih baik.

“Yang jelas secara teknis gimana program itu bisa terlaksana yang bisa menjelaskan secara teknis Dinas Nakertran,” katanya.

Harapan masyarakat ingin memiliki legalitas tanah yang sah sertifikat yang setatusnya lahan hijau, pemerintah ada program Tora. Karana masyarakat lebih dulu bertempat tinggal disitu, sebelum lahan tersebut ditetapkan lahan hijau. Sebagai bukti makam leluhur dan tanaman keras.

“Beharap ada program transmigrasi agar situasi dan kondisi desa tertinggal bisa mempercepat kemajuan pembangunan,” pungkas Samsir.


(Rahmad)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments