P. Raya

Inovasi Pemerintah Dalam Meningkatkan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit

PALANGKA RAYA - Indonesia merupakan produsen minyak kepala sawit terbesar di dunia pada desember 2022, dengan menyumbang 59 persen atau 45 koma 5 juta ton dari 77 koma 2 ton total produksi minyak sawit dunia.

Namun tata kelola industri kelapa sawit masih perlu diperbaiki. Untuk itulah pemerintah berkomitmen penuh memperbaiki tata kelola industri kelapa sawit Indonesia melalui aplikasi sistem informasi perizinan perkebunan (siperibun) dan optimalisasi penerimaan negara di Provinsi Kalteng, yang diselenggarakan di ballroom lantai 1 hotel luwansa Palangka Raya. 

Sosialisasi self-reporting tata kelola industri kelapa sawit yang diselenggarakan di ballroom lantai 1 hotel luwansa Palangka Raya pada tanggal 6 juli 2023, dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H, Nuryakin.

Pada kesempatan tersebut Nuryakin menyebutkan bahwa sosialisasi ini diharapkan memberikan keuntungan bagi Kalimantan Tengah dalam bidang perkebunan. Selain itu Pemerintah Provinsi juga memiliki data perkebunan sendiri. Jika terdapat perbedaan antara data yang dilaporkan oleh pelaku usaha dan data pemerintah, maka akan dilakukan koreksi dan evaluasi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengawasan dan pembinaan yang diberikan untuk memastikan keakuratan data.

Sementara itu Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Elenggoan menyatakan harapannya bahwa superbun ini akan menjadi langkah maju dalam memperbaiki pelaporan dan pembaruan data kebun kelapa sawit. Dengan digitalisasi pelaporan, diharapkan semua pihak akan mendapatkan manfaat yang besar dan kegiatan industri kelapa sawit di Kalimantan Tengah akan semakin berkembang dengan lebih efisien.

Harapannya terhadap sistem data perkebunan yang diperkenalkan, ini akan memudahkan pemantauan dan evaluasi terkait luasan perkebunan, tenaga kerja, dan produksi di Kalimantan Tengah. Selain itu, sistem ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaporan.

(Hari)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments