Seruyan

Jauhi Penangkapan Ikan Dengan Caea Ilegal Fishing

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan berharap agar masyarakat bisa menjaga potensi perikanan di wilayah kabupaten Seruyan, sebab merupakan sumber usaha utama yang harus terjaga agar hasilnya bisa terus melimpah.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto, meminta agar semu pihak bisa menjaga perairan setempat, baik kebersihan sungai dan cara tangkap ikan yang alami, sehingga ekosistem perairan bisa terus terjaga.

“ini merupakan tugas kita bersama untuk menjaga kondisi perairan kita, karena merupakan sumber utama penghidupan masyarakat, karena sebagian besar penduduk seruyan ini merupakan nelayan dan petani,” ujarnya Rabu 7/12/2022.

Menurutnya dengan terjaganya ekosistem perairan maka kondisi ikan pun akan terjaga karena habitatnya terawatt. Jauhi penggunaan racun atau setrum untuk menangkap ikan. Sebab dengan penggunaan bahan kimia dan strum akan merusak habitat alami perairan sehingga ikan akan punah dan sulit dicari.

Selain berbahaya menangkap ikan dengan cara strum atau pun di racun juga melanggar undang-undang dan ada hukumanya, sehingga diharapkan masarakat atau nelayan selalu menghindari cara tersebut.

“ kita juga harus bijak dalam mengambil hasil alam kita. Masih ada anak, cucu kita nanti yang memerlukanya, kalau saat ini kita menggunakan cara illegal fhishing maka keturunan kita yang akan  merasakan akibatnya, oleh karena itu harus  bijaksana sejak sekarang,” jelasnya.

 

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments