P. Raya

Juara I Gelar Duta Budaya Indonesia

PALANGKA RAYA - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh generasi muda Kalimantan Tengah di tingkat Nasional. Duta Budaya Kalimantan Tengah 2024 Rio Septianor dan Jihan Salwa Hasanah berhasil mengukir prestasi dengan meraih gelar sebagai Duta Budaya Indonesia 2024 pada malam Grand Final, bertempat di Leedon Hotel Surabaya, Sabtu (21/9/2024).

Duta Budaya Indonesia merupakan wadah generasi muda untuk melakukan aksi nyata dalam bidang Perlindungan dan Pelestarian Budaya yang berkomitmen mendukung pengembangan bakat dan minat para pemuda pemudi berprestasi di seluruh penjuru Indonesia. 

Rio dan Jihan sebagai Duta Budaya Kalteng melewati berbagai tahapan karantina di Leedon Hotel Surabaya mulai 19 September 2024. Pada puncak acara, Juri memutuskan bahwa Duta Budaya Kalteng 2024 berhak menyandang gelar Duta Budaya Indonesia 2024 dengan menyisihkan finalis lain dari 13 provinsi yang hadir.  

Kepala UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah Wildae D. Binti  yang hadir pada malam Grand Final mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng mengungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan YME atas hasil yang telah dicapai Rio dan Jihan. “Dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dari awal persiapan, keberangkatan dan selama kegiatan berlangsung berbanding lurus dengan hasil yang membanggakan ini serta ucapan terima kasih untuk stakeholder yang terlibat yaitu Rumah Kreatif Umi, Videografer, Desainer serta Komunitas Budaya lokal, Umi yeni sunarti Regional Direktor Duta Budaya Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Adiah Chandra Sari dalam kesempatan terpisah mengucapkan selamat dan menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian ini. “Tetap rendah hati dan selalu berkomitmen untuk memajukan, menjaga, dan melestarikan kebudayaan Kalimantan Tengah,” tutur Adiah pada Senin, (23/9/2024).

Adiah menyatakan bahwa mengemban tugas sebagai Duta Budaya Indonesia 2024 menjadi tanggung jawab yang besar bagi Rio dan Jihan untuk mempromosikan Kebudayaan Indonesia pada umumnya dan  Kebudayaan Kalteng pada khususnya di dalam kegiatan forum, seminar, event, dan workshop baik di skala nasional maupun internasional. 

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments