P. Pisau

Kabupaten Pulang Pisau Gencarkan Upaya Bebas Stunting

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau terus berkomitmen dalam mewujudkan daerah bebas stunting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengadakan talk show bertema "Pulang Pisau Basewut Menuju Bebas Stunting" pada hari Rabu, (18/09/2024). Acara tersebut menghadirkan Dr. dr. Tan Shot Yen sebagai narasumber utama.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, menyampaikan keberhasilan Kabupaten Pulang Pisau yang meraih peringkat kedua dalam penanganan stunting dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah. Menurut Nunu, pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), tenaga kesehatan (nakes), ahli gizi, dan semua pihak terkait untuk semakin gencar menurunkan angka stunting di Pulang Pisau.

Nunu menegaskan pentingnya peran TP PKK dari tingkat kabupaten hingga desa sebagai garda terdepan dalam program ini. Ia mengajak semua pihak belajar dari narasumber untuk mencapai tujuan Pulang Pisau Zero Stunting. Upaya kolaboratif diharapkan dapat menurunkan prevalensi stunting secara signifikan.

Berbagai langkah telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk menurunkan angka stunting. Salah satunya adalah pemberian asupan gizi tambahan bagi ibu hamil dengan kondisi Kurang Energi Kronik (KEK). Selain itu, distribusi tablet tambah darah, makanan tambahan bagi balita dengan gizi kurang, serta imunisasi juga menjadi bagian dari program penanggulangan stunting.

Hal tersebut juga bisa terlihat dari adanya upaya pemerintah dengan meningkatkan kapasitas bidan dan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dengan kolaborasi semua pihak, Kabupaten Pulang Pisau optimis dapat mencapai target bebas stunting dalam waktu dekat.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments