Kalteng

Kadis Kesehatan Murung Raya Menghimbau Warga  Agar Waspada Bahaya Konsumsi Biji Kecubung

PURUK CAHU - Kadis Kesehatan Kabupaten Murung Raya Dr. Suwirman Hutagalung,
memberikan himbauan kepada warga agar waspada terhadap bahaya konsumsi biji kecubung. Biji kecubung diketahui mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Zat berbahaya yang terdapat dalam biji kecubung dapat merusak organ tubuh, seperti kerusakan pada liver dan ginjal, keracunan akibat biji kecubung juga dapat mengakibatkan gangguan pada sistem saraf bisa mengakibatkan seseorang berhalusinasi seperti orang kena gangguan jiwa bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kadis Kesehantan Suwirman menegaskan pentingnya untuk tidak mengkonsumsi biji kecubung, baik dalam keadaan mentah maupun sudah diproses. Warga dihimbau untuk lebih teliti dalam memilih makanan dan selalu memastikan bahan makanan yang dikonsumsi aman dan sehat.

Selain itu Suwirman juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera mencari pertolongan medis apabila mengalami gejala keracunan setelah mengkonsumsi biji kecubung. Tindakan cepat dan penanganan yang tepat dapat mencegah dampak yang lebih buruk bagi kesehatan.

Dengan adanya himbuan ini, diharapkan warga Murung Raya dapat lebih berhati-hati terhadap bahaya konsumsi biji kecubung dan selalu memprioritaskan kesehatan dalam pemilihan makanan sehari hari, semoga  dengan kesadaran dan perhatian yang tinggi,dapat terhindar dari resiko keracunan yang bisa membahayakan nyawa.

(Rahmadi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments