P. Raya

Kalimantan Tengah Potensi Budidaya Kakao Untuk Meningkatkan Perekonomian.

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) menyelenggarakan Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao di Kalteng, yang berlangsung di Aula Disbun setempat pada Selasa (27/2/2024). 

Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah H. Rizky R. Badjuri, menyoroti bahwa masih ada 582  hektar  dari seluruh Kalimantan Tengah. Mungkin dari kegiatan seperti ini kita berusaha update dari mulai pola petaninya dan juga sudah ada unggulan dari  petani  dan itu pun sudah ada semuanya. 

"Tentu, harapannya adalah bahwa dengan keberadaan kawasan dan 6 dari 10 bagian kebun sawit yang ada ditengah-tengahnya, hal ini diharapkan dapat menambah kesejahteraan untuk sekitar 600 orang yang masih terupdate terkait hal tersebut," ucapnya. 

Lebib lanjut Rizky menambahkan, dengan kehadiran petani diharapkan keberhasilan dapat tercapai, terutama dari petani unggulan di Gunung Mas Sehingga diharapkan kehidupan mereka semakin makmur, sehingga petani kakao bisa mencapai keseimbangan yang diinginkan.

Ia juga menuturkan bahwa dengan kegiatan ini, bertujuan untuk memperbarui pola petani dan memberikan motivasi kepada para petani kakao agar tetap semangat dalam kegiatan menanam. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani kakao. 

"Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah (Kalteng). Semoga usaha ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekonomi dan kehidupan masyarakat setempat," tuturnya.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments