Nasional

Kampanye Gemarikan Demi Cegah Stunting

SEKADAU - Kampenye gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) di Kabupaten Sekadau diprioritaskan menyasar ke desa-desa yang menjadi lokus dan tempat, titik penanganan stunting atau (gangguan pertumbuhan pada anak). Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tp. Pkk Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena susilawati aron di kantor balai Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis 27 Juli 2023.

Ny. Magdalena menambahkan maksud digelarnya sosialisasi gemarikan di sini merupakan sebuah ajakan, jika tidak dikenal sejak dini, maka anak tidak mau makan ikan. Orang barat terbiasa makan roti, begitu juga dengan kita harus biasa makan ikan. Harapan saya, tata ulang asupan gizi, ubah pola dalam memberikan makanan untuk anak-anak kita. Jangan terbiasa memberikan mereka makanan indomie setiap hari.

Stunting telah menjadi permasalahan yang mempengaruhi identitas generasi saat ini dan masa mendatang. Maka, untuk menekannya perlu fokus pada perkembangan edukasi, gizi dan kesehatan anak. Untuk itu, dia meminta para kader kesehatan untuk tidak berhenti bersinergi dengan para orang tua untuk mengembankan pola asuh yang efektif di era disrupsi. Memang sudah menjadi tugas kita bersama dalam menekan angka stunting di kabupaten sekadau ini.

Ikan sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dan penanganan stunting. Ikan sebagai sumber protein memiliki beragam keunggulan dibanding produk hewani lainnya. Magdalena menjelaskan, porsi isi piring terdiri makanan pokok, yakni sumber karbohidrat dengan porsi dua per tiga dari setengah piring, dan kemudian dilengkapi dengan lauk pauk dengan ukuran yang sama.

Kemudian, untuk setengah porsi piring lainya diisi dengan proporsi sayur-sayuran yang lebih banyak dibanding dengan porsi buah-buahan. Ia menembahkan protein hewani tidak harus berasal dari bahan makanan yang mahal.  Sementara itu, kepala desa seberang kapuas, yemi ibrahim, mengatakan hari ini juga pembagian paket berisi, telur, susu, bakso dan nugget untuk anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 64 belita.

Ini diberikan kepada anak, dan secara bertahap memberikan paket bertempat di posyandu. Adanya program ini bisa menurunkan angka stunting. Dalam kegiatan itu para tamu undangan juga diajari mengolah ikan menjadi sejumlah menu masakan yang menarik minat anak-anak. Dalam kampanye gemarikan ini turut hadir, Camat Sekadau Hilir, Bhabinkamtibmas, Danramil, jajaran TP. PKK dan DKP3 kabupaten sekadau.

(Yahya Iskandar)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments