P. Raya

Karhutla Mengancam, TNI-Polri Bergerak Cepat Datangi Titik Api

PULANG PISAU - Keseriusan dalam menghadapi bencana karhutla Polda Kalteng bekerjasama dengan TNI bergerak cepat memadamkan titik api di Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (20/05/2021) pukul 07.30 WIB.

Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. melalui Kabidhumas Kombes Pol. K, Eko Saputro, S.H,. M.H. menyampaikan, Personel Gabungan TNI-Polri dari Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung bekerjasama melakukkan pemadaman kebakaran titik api dengan membawa selang mesin pompa air yang sudah tersambung ke kolam air dan menyiramkan ke lokasi kebakaran.

Semangat kebersamaan antara aparat TNI- Polri dengan petugas gabungan lainnya sangat tinggi, sehingga peralatan sederhana bukan menjadi kendala dalam pemadaman Api.

"Pemadaman secara dini ini sangat penting dilakukan karena struktur tanah di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini sebagian besar adalah lahan gambut yang mudah terbakar dan kalau sudah terbakar sulit untuk memadamkannya, karena api berada dibawah tanah," jelas Eko.

Terkait kebakaran ini, Eko mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama bahu membahu menjaga lingkungannya, jangan membakar lahan kalau kita mengolah lahan.

"Masalah kebakaran hutan dan lahan bukan semata mata menjadi tanggung jawab TNI-Polri dan Pemda, tetapi menjadi tanggung jawab bersama karena kebakaran bisa disebabkan iklim dan ada juga yang karena dibakar sengaja oleh orang tidak bertanggung jawab.," tutup Eko. 

 

(TribrataNews/Tinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments