Kapuas

Katma F. Dirun : Siapkan SDM Untuk Kemajuan Bangsa dan Negara Melalui Pembangunan Pondok Pesantren

KAPUAS  – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Katma F. Dirun mengatakan sebagai Lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni mencetak generasi Islam yang amanah, tabligh dan fathonah, menyiapkan sumber daya manusia yang siap lahir dan batin untuk kemajuan pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan daerah di Kalteng. Hal ini disampaikan Katma F. Dirun saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran pada acara peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng di Jl. Lintas Palangka Raya- Buntok Km. 50, Desa Humbang Raya, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Selasa  15v Maret 2022.

Menurut Katma, Pondok Pesantren NU Kalteng akan menjelma menjadi wadah yang tepat dalam pembentukan santri yang berkarakter islami, sehingga mereka dapat membentengi diri dari permasalahan-permasalahan bangsa saat ini, seperti narkoba, radikalisme, LGBT dan kemaksiatan lainnya.

“Harapan kita, anak-anak inilah nantinya yang akan menjadi generasi-generasi penerus dalam pembangunan daerah kita, Provinsi Kalimantan Tengah”, tandasnya.

Lanjut Katma Kalteng memerlukan adanya lembaga pendidikan yang berbasis pesantren, yang nantinya tidak hanya mencetak kader umat yang memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu agama, tapi juga keterampilan dalam bidang usaha perkebunan, pertanian, peternakan, dan lainnya.

“Mendengar konsep Pondok Pesantren NU seperti yang tadi dikatakan Ketua Panitia Pembangunan telah mempersiapkan lahan usaha sebagai pendukung, ini berarti program pembangunan yang dirancang merupakan sebuah rencana besar yang telah diperhitungkan untuk jangka panjang. Sehingga tidak mustahil, pesantren ini nantinya mampu mandiri dan menjadi pondok pesantren moderen yang terkemuka di Kalimantan Tengah”, ungkap Katma.

Peletakan batu pertama dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Hj. Lestari Moerdijat, Anggota Komisi lll DPR RI Ary Eghany S Bahat, Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Abdul Razak dan Faridawaty Darland Atjeh selaku Ketua Panitia Pembangunan Pondok Pesantren NU Kalteng, Forkopimda Prov. Kalteng, Ketua PWNU Prov. Kalteng H.M. Wahyudi F. Dirun serta Tokoh Agama. Dari Pemerintah setempat hadir Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, Forkopimda serta Tokoh Agama.


(Deddi )

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments