P. Raya

Keindahan Danau Jalan Pangen Kamipang

PALANGKA RAYA - Jika Anda ingin menikmati sensasi berwisata ke sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan mangrove, maka Anda harus berwisata ke danau jalan Pangen. Lokasi danau ini tidak jauh dari perdesaan. Yakni berada di kawasan dusun Kamipang, Kabupaten Katingan.Area ini merupakan salah satu area yang cukup dominan, Keindahan hutan mangrove ditambah dengan danau yang biru, dan menyejukkan tentu membuat para wisatawan menjadi betah bersantai di kawasan ini.

Ketika berkunjung di Taman Nasional Sebangau, tepatnya di Desa Baun Bango yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kamipang, jangan lupa mampir di Danau Jalan Pangen yang juga masih berada di dalam wilayah Taman Nasional Sebangau.Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menyusuri setiap sudut Danau Jalan Pangen yang berdekatan dengan kawasan hutan lindung. Udara yang sangat sejuk, panorama alam hutan yang begitu hijau serta jernihnya air danau benar-benar membuat wisatawan merasa nyaman.

Selama menyusuri Sungai Jalan Pangen,anda disuguhi pemandangan yang indah di kiri dan kanan berupa vegetasi hutan sehingga anda pun bisa sambil belajar mengenal jenis-jenis pohon. Anda juga akan berjumpa dengan kearifan lokal nelayan dalam memanen ikan-ikan di sungai tersebut,kerena sungai dan danau Jalan Pangen merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar.

Danau Jalan Pangen yang memiliki luas ± 254,7 Ha ini dapat ditempuh dari Desa Baun Bango dengan menggunakan speed boat,klotok.dengan menyusuri Sungai  dalam waktu tempuh ± 30 menit.Danau Jalan Pangen mempunyai kedalaman air yang fluktuasi tergantung pada musim. Aktivitas wisata yang bisa dikembangkan antara lain memancing,berdayung atau berperahu. dan berenang.

(Cindy Meila Dewi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments