Nasional

Kelenteng Hok An Kiong Menjadi Kelenteng Tertua Di Surabaya

SURABAYA - Berjalan-jalan di Kota Surabaya tak lengkap jika tak mengunjungi tempat-tempat besejarahnya, salah satunya adalah kelenteg tertua di Surabaya. 

Surabaya disebut juga salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang setelah Jakarta, hal tersebut dibuktikan dari banyaknya cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Pahlawan ini .

Kelenteng bersejarah Hok An Kiong sering disebut juga kelenteng coklat, karena terletak di jalan coklat. Kelenteng Hok An Kiong dibangun pada tahun 1830 oleh seorang insinyur asal tiongkok bernama Hok An Kiong Tik. Salah satu keunikan dari kelenteng Hok An Kiong terletak pada banyaknya patung dewa yang berada di dalamnya, 22 patung dewa itu membuat kelenteng hok an kiong menjadi kelenteng dengan patung dewa terbanyak di surabaya .

Bangunan kelenteng Hok An Kiong sendri dipenuhi oleh ornamen khas Tionghoa kuno yang didominasi warna merah dan tulisan tinta emas, kelenteng hok an kiong sendiri sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemkot Surabaya.

(Yeremia/Izaghy)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments