Kalteng

Ketua Dewan Apresiasi Kreativitas Peternak Kambing

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

KUNJUNGI PETERNAK - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Eko Zuli Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke peternak kambing yang berada di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Rabu (29/09/2021).

KUALA PAMBUANG - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Eko Zuli Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke peternak kambing yang berada di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, dan melihat kreativitas dari komunitas peternak kambing Antang Batamaet dalam mengolah limbah kotoran ternak menjadi hal yang bisa dimanfaatkan, yaitu menjadi biogas, Rabu (29/09/2021).

"Secara pribadi dan lembaga saya sangat mengapresiasi kreativitas dari para peternak kambing yang berada di Seruyan Hilir Timur, ini merupakan karya yang sangat luar biasa karena bisa memanfaatkan limbah kotoran ternak menjadi hal yang sangat berguna yaitu menjadi biogas yang bisa digunakan sebagai pengganti elpiji, bahan bakar utama untuk memasak. Pembuatan biogas ini sangat bermanfaat, akan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk meringankan beban ekonomi keluarga," katanya.

Untuk kedepannya Eko berharap agar semua pemangku kebijakan bisa memberikan dukungan dan supportnya atas karya dan inovasi dari peternak kambing tersebut, dan bisa bekerja sama untuk peningkatan dan pengembanganya, agar bisa dipakai oleh masyarakat umumnya.

"Setelah melihat hasil kegiatan para peternak yang berada di SHT, kami dari pihak DPRD akan mem-follow up, agar dinas yang terkait bisa lebih memprihatikan para peternak tersebut, karena selama ini perhatian dari dari dinas lebih condong ke pertanian. Nah untuk kedepanya kita akan mendorong agar para peternak ini bisa lebih diberdayakan lagi, bukan hanya bantuan saja tapi juga dari segi pembinaan agar bisa mengembangkan hasil peternakan mereka," harapnya.

Dalam keadaan sekarang ini, kata Eko, melihat pembuatan biogas ini sangat tepat, apalagi dengan keadaan ekonomi yang tengah berbenah serta harga elpiji yang cukup tinggi sedangkan penggunaan gas sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dalam memasak. Jadi munculnya inovasi dari peternak ini merupakan salah satu solusi untuk meringankan beban ekonomi rumah tangga, terutama bagi para petrnak yang bisa menfaatkan hasil limbah ternaknya untuk diolah menjadi biogas.

"Terutama bagi peternak dan komunitas petrnak kambing ini merupakan suatu karya yang bisa di kembangkan, dan sangat bermanfaat, mudah-mudahan makin ditingkatkan dan bisa diaplikasikan dengan mudah hingga semua masyarakat umum bisa memakai biogas ini," harapnya. 

(Giya/Altius)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments