Kalteng

Pengendara Terbantu Getek Motor Untuk Menyeberangi Banjir

PANGKALAN BUN - Sudah 3 hari ini, jalan provinsi yang menghubungkan kota pangkalan bun dengan kecamatan, kotawaringin lama dan kabupaten sukamara, terendam banjir setinggi lutut orang dewasa sepanjang kurang lebih, 1 kilometer dan terdapat beberapa titik jalan mengalami rusak parah, sehingga sangat sulit dilewati kendaraan roda 2.

Untuk bisa sampai kelokasi jalan yang tidak terkena dampak banjir,  satu2nya harus menggunakan jasa perahu getek motor yang sudah disiapkan warga RT 7, kelurahan mendawai,  kecamatan arut selatan, dengan menempuh perjalana kurang lebih 25 menit  melalui anak, sungai rasau.

Puluhan kendaraan yang mengantri sejak pagi hingga malam hari untuk di angkut menggunakan perahu motor getek. Kebanyakan warga pangkalan bun yang bekerja sebagai karyawan di perkebunan kelapa sawit atau pun bekerja sebagai aparatur sipil negara di kecamatan kotawaringin lama dan kabupaten sukamara.

Satu perahu getek motor hanya untuk satu unit kendaraan bersama pemiliknya dengan membayar, 80 ribu rupiah sekali  penyeberangan. Menurut yudha, warga sukamara, lebih memilih, menggunakan jasa getek motor dari pada harus kehilangan uang jutaan rupiah untuk perbaikan kendaraan, yang terkena banjir.

Jumlah perahu, getek motor, yang sudah dikoordinir,  ada 25 unit. Hasil yang di dapat menurut anjang ayung, bisa mencapai 300 ribu rupiah perhari,  tergantung ramainya penumpang seperti hari sabtu dan minggu.

(Rudi Bintoro)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments