Kalteng

Ketua DPRD Himbau !!!sukseskan Pemilihan Kades yang sehat

PURUK CAHU,– Senin (27/2/2023), Doni selaku Ketua DPRD Murung Raya berharap agar  pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ni bisa berjalan dengan lancar dan sukses, bersaing secara sehat sehingga mencegah permusuhan di internal desa tersebut.

Ia mengatakan ,“ Besar harapan kami pelaksanaan yang rencananya digelar tahun ini jangan diawali dengan permusuhan di tengah masyarakat akibat perbedaaan pilihan politik masing masing,” katanya.

Lugas ia menyampaikan, bahwa Pilkades merupakan salah satu contoh pelaksanaan demokrasi di tingkat kecil, sehingga disitulah akan terlihat bagaimana nantinya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara lebih dewasa dan terstruktur.

Katanya, “ Uji coba Pilkada bisa dilihat dari hasil Pilkades. Karena itu kami harap warga tidak perlu ada gesekan gesekan  karena perbedaaan pilihan dan lain sebagainya karena pasti akan memicu pada hal yang lebih besar nantinya,” katanmya lanjut.

Dalam hal ini sudah saatnyaagar para calon kepala desa hendaknya bisa mengajak pendukungnya lebih cerdas dan santun dalam ajang demokrasi di tingkat desanya, Jika nantinya ada hal yang dianggap melanggar aturan, maka ada ruang khusus melalui panitia pelaksanaan dan ruang hukum lainnya akan diselesaikan melalui upaya hukum di pengadilan yang ada.

Peranan panitia pelaksana Pilkades baik di tingkat desa maupun tingkat kabupaten diharapkan bisa lebih cermat dan berhati-hati. Sebab, kesalahan sekecil apapun dari penyelenggara bisa menjadi pintu masuk persoalan dan permasalahan yang lebih besar akibat gesekan yang terjadi.

Ia mengatakan, “Sebisa mungkin agar dapat diminimalisir kesalahan, jangan habiskan energi untuk hal-hal yang disebabkan oleh hal yang kecil dan sepele, karena tahun ini kita juga melaksanakan Pilkada, hendaknya kita fokus untuk kesuksesan pelaksanaan ini,” ujarnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments