P. Raya

Ketua DPRD Palangka Raya: “Ayo Kenalkan Pancasila Pada Anak Sejak Dini”

PALANGKA RAYA – Dalam Pancasila terdapat lima pengajaran yang tinggi, seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Musyawarah, Persatuan dan Nilai Sosial. Oleh karena itu Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menuturkan, pentingnya untuk dikenalkan kepada anak sejak dini.

“Pancasila sudah teruji sampai sekarang. Bagi saya, Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, jadi harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak usia dini,” kata Sigit, Sabtu 23 Juli 2022.

Dengan dikenalkannya Pancasila terhadap anak sejak dini lanjut Sigit, mampu membentengi diri dari sesuatu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan indonesia

“Hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, berseberangan dengan nilai Pancasila harus diantisipasi oleh semua pihak. Tidak boleh diam, gelorakan semangat ber Pancasila untuk mengentaskannya,” tuturnya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Ketua Umum ADEKSI ini, mengatakan peran pendidikan merupakan peran yang penting untuk menanggulangi paham-paham yang berseberangan dengan Pancasila. Untuk itu, dia berpesan agar supaya terus menjaga dan merawat Pancasila.

“Jika pendidikan lemah dalam membentengi dan menanggulangi paham intoleransi, radikalisme tentu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merubahnya. Saya berpendapat jaga dan rawatlah Pancasila. Pendidikan harus dikuatkan untuk menangkal informasi-informasi penyimpangan paham,” tutupnya.
 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments