Seruyan

Ketua DPRD Seruyan Himbah Warga Tidak Membakar Lahan

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan menghimbau masyarakat agar  agar tidak sembambarang dalam menyalakan api terutama di lahan pertanian.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo menyampaikan bahwa saat ini kondisi kemarau sangat panjang, sehingga meminta pada masyarakat agar berhati-hati dalam membakar terutama lahan, sebab kondisi kering serta kebakaran hutan dan lahan makin marak terjadi, yang meyebabkan polusi udara  yang kurang baik bagi kesehatan.

“ Kami menghimbau masyarakat untuk saat ini jangan ada yang membakar lahanya, sebab kondisi saat ini sudah cukup memprihatinkan, banyak kebakaran lahan dan hutan yang menyebabkan tergangunya aktifitas dan kesehatan masarakat,” Katanya 6/10/2023.

Menurutnya kewaspadaan terhadap kebakaran Hutan dan Lahan  (Karhutla) harus selalu diperhatikan. Kesiagaan semua pihak perlu ditingkatan sebab dengan adanya kerja sama yang baik tentunya kebakaran hutan dapat terjaga. Dirinya meminta baik pemerintah kabupaten serta pemerintah desa harus aktif berkerjasama dalam memantau wilayahnya sehingga kebakaran yang terjdi bisa diatasi ataupun dicegah.

“ Kami berharap agar Tim BPBD selalu bisa memantau kondisi di Seruyan dan selalu memberikan pengertian atau penyuluhan kepada masyarakat agar jangan membakar saat membuka lahanya, sebab ada ketentuan hukum yang akan terjadi bila menyebabkan kebakaran meluas. Dengan adanya sinergi yang baik dengan masyarakat kami berharap di Seruyan ini  bencana Karhutla bisa segera teratasi,” Pungkasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments