Sosial

Koba dan Polindra Taken Kerjasama

Caption foto: Direktur Polindra, Casiman Sukardi dan Direktur Utama, PT. Takumi Koba Indonesia, Lisa Heriyati serta CEO Koba Group, Mr. Tomonori Kobayashi saat menunjukan Surat perjanjian kerjasama yang telah di tandatangani kepada awak media yang meliput kegiatan tersebut.(foto:noris)

 

INDRAMAYU - PT. Takumi Koba Indonesia menggandeng  Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) dengan meneken surat perjanjian kerjasama dengan tujuan nantinya lulusan-lulusan dari Polindra bisa bekerja ke negara Jepang. Acara penandatanganan ini berlangsung di Aula Polindra, Indramayu, Jawa Barat, 03 November 2021.

CEO Koba Indonesia, Mr. Tomonori Kobayashi, usai acara tersebut dihadapan awak media menyampaikan, di Jepang memang masih kekurangan tenaga kerja SSW (Specified Skilled Worker). Dibutuhkan sebanyak 345 ribu orang SSW di 14 industri. Dari jumlah tersebut, 60 ribu orang dibutuhkan lantaran kekurangan tenaga kerja, terutama dalam perawatan lansia. Selain itu, 300 ribu orang dibutuhkan untuk industri manufaktur.

Menurut Kobayashi, Kurangnya tenaga kerja di Jepang karena terjadi penurunan angka kelahiran serta meningkatnya populasi orang tua di negara Jepang.

"Orang Indonesia dikenal sangat ramah, sopan, telaten dan rajin dalam bekerka, maka dari itu orang Jepang sangat menyukai kalau tenaga kerja dari Indonesia " tutup Kobayashi

Sementara itu dalam kesempatan yamg sama, Direktur Utama PT. Takumi Koba Indonesia, Lisa Heriyati menambahkan, Koba Indonesia sudah banyak mengirimkan tenaga kerja Indonesia ke Jepang melalui program SSW. Sehingga diharapkan, kerja sama dengan Polindra ini bisa terus berkembang dan kami berharap Koba dan Polindra bisa mempererat hubungan kerja sama ini," ungkap Lisa

Sedangkan menurut Direktur Polindra, Casiman Sukardi, kerja sama ini merupakan pintu gerbang bagi para mahasiswa Polindra, yang ingin mendapatkan kesempatan bekerja di Negeri Sakura. Hal tersebut sejalan dengan visi misi Polindra, yang mendorong mahasiswa bukan hanya bersaing secara nasional, tapi juga internasional.

"Nantinya ketika berangkat ke Jepang, lanjutnya, mereka akan mendapatkan Visa Specified Skilled Worker (SSW) atau Keterampilan Khusus, yang berbeda dengan Visa untuk magang ataupun lainnya. Visa itu sendiri baru dikeluarkan oleh Pemerintah Jepang pada April 2019 lalu, dan bisa digunakan untuk bekerja di Jepang selama 5 tahun dan ini merupakan kesempatan bagus bagi lulusan Polindra yang ingin bekerja ke Jepang," pungkas Casiman.(Noris)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments