Kapuas

Komisi I DPRD Kalteng Sambangi Dukcapil, Samsat dan PDAM Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Samsat dan PDAM yang ada di Kabupaten Kapuas.

Ketua Komisi I Yohanes Fredy Ering mengatakan, Kunker kali yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, memiliki tiga agenda kerja yaitu melihat progres pelaksanaan administrasi Kependudukan baik perekam data e-KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga.

“Terkait dengan administrasi Kependudukan tersebut kita melakukan pertemuan dengan pimpinan dan staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” Ungkap Yohanes Fredy Ering, Kamis (17/3/2022).

Untuk UPT-PPD Samsat Kuala Kapuas, kata Ering, akan mencari informasi terkait operasional mekanisme pungutan pajak air permukaan dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor dalam rangka optimalisasi pungutan pajak.

“Untuk Samsat, kita lebih banyak ingin mengetahui bagaimana pungutan pajak yang sedang dilakukan, tentunya progresnya itu seperti apa, karena pajak ini merupakan salah satu sumber pendapatan yang manfaatnya dikembalikan untuk kepentingan rakyat,” Katanya. 

Hal menarik lainnya yang menjadi agenda kunjungan Komisi I yaitu Perusahaan Daerah AIR Minum (PDAM).

“PDAM merupakan salah satu objek pajak terkait air minum, sehingga, kami selaku Komisi I paling tidak mendapatkan informasi penting tentang pendapatannya,” Ujar Ering.

Bagi Ering, hasil Kunker yang dilakukan, akan ditindak lanjut di DPR Provinsi sebagai bahan untuk pembahasan.

“Pastinya hasil-hasil yang kita dapati dari Kunker kali ini, kita akan bahas bersama di DPRD Provinsi,” Tandasnya.


(Alexis Ceca)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments