Katingan

Komisi III DPRD Katingan Sesalkan Tindakan Kadisporbudpar Katingan

KATINGAN -  Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan sesalkan tindakan orogan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disporabudpar) Katingan yang memukul meja saat bertemu Wakil Ketua I DPRD, Nanang Suriansyah.

Pendi Sekretaris Komisi III mengatakan, tindakan memukul meja yang dilakukan Kadisporbudpar saat adu argumen dengan Nanang Suriansyah, dianggap kurang pantas dan tidak beretika, pasalnya sebagai pimpinan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) harus mampu menahan emosi saat menghadapi kritikan atau masalah.

“Yang kami sayangkan, tindakan memukul meja di hadapan Wakil Ketua I DPRD, dianggap tindakan yang melecehkan lembaga DPRD,” Ungkap Pendi, Senin (25/7/2022).

Bagi Pendi, seorang pimpinan DPR bisa diperlakukan seperti itu, apalagi hanya anggota.

“Pimpinan kami diberlakukan seperti itu, apalagi kita yang hanya anggota. Intinya dengan tindakan seperti itu, sebagai anggota DPRD, kami tidak menerima,” Tuturnya.

Bahkan, dikatakan Pendi, langkah yang sudah dilakukan Waket I DPRD Katingan, Nanang Suriansyah dengan melaporkan ke Polres Katingan, sangat tepat demi menjaga marwah DPRD.

“Kami sebagai anggota, terutama komisi III mendukung langkah yang dilakukan pimpinan kami,” Katanya. 

Diakui Pendi, hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai mitra, dan tugas DPRD melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah termasuk SOPD.

“Kami sebagai mitra pemerintah dan dan salah satu tugas kami, melakukan pengawasan termasuk kritik terhadap kinerja pemerintah dan SOPD yang ada,” Ujarnya.

Pendi berharap tindakan-tindakan oragansi seperti yang dilakukan Kadisporbudpar, menjadi pembelajaran penting sehingga tidak terulang kembali.

“Harapan kami, hal seperti ini tidak terjadi lagi, dan menurut kami, Bupati perlu mengevaluasi kinerja SOPD yang ada,” Tandasnya.


(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments