P. Pisau

Kunjungan Penjabat Bupati Pulang Pisau untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

PULANG PISAU - Salah satu agenda kunjungan pertama yang dilakukan Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, bersama rombongan kepala sekolah dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Pulang Pisau, dengan melakukan kunjungan ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dalam lawatan ini, mereka menyempatkan diri untuk berkunjung ke SMP Negeri 5 PPU, sebuah sekolah yang berperan sebagai Laboratorium Pancasila. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar dari program-program unggulan yang diterapkan di sekolah tersebut.

Hal tersebut diungkapkannya dihadapan media setempat, pada hari  Sabtu, (24/08/2024). Dimana dalam sambutannya tersebut , Nunu menyampaikan kekagumannya terhadap SMP Negeri 5 yang telah berhasil menjalankan berbagai program pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila. Ia berharap, sekolah-sekolah di Pulang Pisau dapat mengadopsi sebagian program yang telah berjalan di SMP tersebut.

Ia mengatakan, " Di SMPN 5 ini Laboratorium Pancasila memiliki banyak program program yang bisa kita ambil dan terapkan di sekolah-sekolah Pulang Pisau juga secepatnya," ungkapnya lugas.

Tak hanya itu, Nunu juga membawa lebih dari 70 kepala sekolah untuk turut serta dalam kunjungan ini. Ia menginginkan agar mereka bisa mempelajari, mengamati, dan kemudian menerapkan atau memodifikasi program-program yang ada di SMP Negeri 5 sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing di Pulang Pisau. Dengan begitu, diharapkan mutu pendidikan di Pulang Pisau bisa semakin meningkat.

Nunu juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di Kabupaten Pulang Pisau. Ia yakin bahwa kualitas pendidikan yang baik akan berdampak langsung pada pembangunan SDM yang mumpuni. "Harapan kami, peningkatan pendidikan ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas SDM di Pulang Pisau," tambah Nunu.

SMP Negeri 5 PPU sendiri telah menjadi salah satu sekolah percontohan dalam penerapan Kurikulum Merdeka melalui program Sekolah Laboratorium Pancasila. Program tersebut menanamkan rasa memiliki dan peduli terhadap lingkungan serta mengajarkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada siswa, menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Pulang Pisau.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments