P. Raya

Launching Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024

PALANGKA RAYA - Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Kalawa Convention Center, Jl. Tjilik Riwut Km. 6,5 Palangka Raya, Jumat malam (17/5/2024).

H. Edy Pratowo dalam sambutannya mengatakan,  tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Tahun 2024 telah dimulai, dan pemungutan suara akan serentak dilaksanakan tanggal 27 November 2024 di seluruh Indonesia. Di Provinsi  Kalteng, terdapat 15 Pemilihan Kepala Daerah, yaitu 1 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi  Kalteng, 13 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan 1 Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Pilkada ini merupakan panggung demokrasi lokal yang seharusnya kita rayakan dengan rasa gembira dan sukacita, aman, lancar, dan sukses,"Ucap Edy.

Lebih lanjut disampaikan, momentum Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kali ini merupakan langkah awal dimulainya Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan di Kalteng oleh KPU Provinsi, dalam rangka memilih pemimpin untuk 5 (lima) tahun ke depan.

“Perlu kita sadari bahwa, suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu selaku pengawas, dan aparat keamanan TNI-POLRI, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, seluruh elemen bangsa,"Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau seluruh masyarakat, yang sudah berusia 17 tahun atau sudah/pernah menikah, agar pada 27 November 2024 nanti berbondong-bondong ke TPS, untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing, dan juga pastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Mari kita sukseskan bersama-sama Pilkada Serentak 2024, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak suara, mewaspadai berita hoax, black campaign, money politic, isu SARA, dan intimidasi, serta terus menjaga situasi kamtibmas di Kalteng pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, agar senantiasa aman, harmonis, dan kondusif,"tuturnya.

Edy juga berharap hal-hal yang sudah baik dapat terus dilaksanakan dan dijaga untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

“Saya berpesan kepada KPU Provinsi beserta para penyelenggara Pilkada di Kalimantan Tengah, untuk dapat menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Kalimantan Tengah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Pastikan tata kelola Pemilihan Kepala Daerah berjalan baik,"Tegasnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Anggota, dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalteng, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Kalteng, Para Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait.


 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments