Kapuas

Lomba Karungut Kembali Meriahkan Festival Seni Budaya Kapuas

KAPUAS - Sebagai upaya pelestarian seni budaya khas Kalimantan Tengah, lomba karungut menjadi salah satu lomba yang menarik dalam rangkaian kegiatan festival seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 .

Kegiatan lomba karungut dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 218 Kota Kuala Kapuas dan hut ke- 73 Pemerintah Kabupaten Kapuas berlangsung di lapangan bukit Ngalangkang Kuala Kapuas.

Dilaksanakannya lomba karungut bertujuan sebagai upaya pelestarian seni budaya khas Kalimantan Tengah, melalui lomba karungut, pewaris seni karungut diharapkan dapat memperoleh rasa bangga terhadap budaya orang dayak.

Adapun peserta lomba merupakan utusan dari beberapa sanggar, sekolah dan kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, yang mana di ketahui jumlah peserta yaitu sebanyak sembilan belas peserta kategori putra, serta dua puluh peserta kategori putri .

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga atau Disparbudpora Kabupaten Kapuas,  Apollonia Septedy mengatakan, acara ini menjadi tugas pokok pihaknya, yang mana salah satu visi misi dari penjabat bupati untuk peningkatan dan kemajuan budaya dan pariwisata di Kabupaten Kapuas .

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments