Kalteng

Masyarakat Diharap Makin Kenal Literasi Digital

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Komunikasi Informatika RI, berkeinginan meningkatkan partisipasi digital masyarakat dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi informasi, termasuk publikasi digital.

"Jadi, dengan literasi cakap digital ini, akan mampu menambah wawasan masyarakat kita dibidang teknologi informasi publikasi digital," kata Zuli Eko saat menjadi keynote speaker webinar literasi digital di Kuala Pembuang, Selasa (07/09).

Menurut dia, dengan adanya webinar literasi digital ini, dapat mendorong tingkat transformasi digital dalam pemantapan teknologi baru di masyarakat. Maka dari itu, dirumuskan juga empat kerangka dalam menyusun literasi tersebut, yakni keamanan digital, budaya, kecakapan dan terakhir etika.

Wakil rakyat Seruyan itu mengatakan, untuk mencapai target masyarakat cakap digital, diadakan secara serentak selama tujuh bulan, yang dimulai sejak 20 Mei 2021 dan dibuka oleh presiden.

"Ini dilakukan demi tercapainya pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan metode digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan mengevaluasi, dan membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat," kata Eko.

Selain itu, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum, dalam rangka membina komunikasi dan literasi sehari-hari, agar dapat menanggulangi penggunaan teknologi digital di masyarakat yang tidak baik.

"Tentu dengan cakap digital ini kita bisa memahami dalam penggunaan teknologi informasi yang baik dan benar," ungkapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Seruyan agar bisa mengikuti kegiatan webinar tersebut karena kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kecakapan digital.

"Saya mengimbau kepada semua masyarakat di Seruyan bisa mengikuti kegiatan tersebut karena kegiatan ini sangat positif sekali, agar masyarakat bisa memanfaatkan teknologi digital dengan yang baik," pungkas Eko.

(Giya/Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments