P. Raya

Masyarakat Harus Imun Terhadap Informasi Hoaks

PALANGKA RAYA  - Informasi hoaks saat ini sangat cepat sekali beredar, sehingga untuk itu masyarakat harus lebih imun terhadap informasi-informasi hoaks. Hal tersebut di sampaikaikan oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Agus Siswadi saat ditemui di ruang kerjanya Kantor DiskominfoSantik Provinsi Kalteng pada Jumat, 7 Januari 2022.

Di era digital saat ini informasi hoaks sangat mudah diakses dan disebarkan oleh masyarakat. Sehingga untuk itu masyarakat dituntut agar lebih cermat serta imun dalam mencerna informasi agar tidak mudah terhasut dan ikut menyebarkan hoaks.

Seperti yang dijelaskan oleh Agus Siswadi saat ini ada model hoaks terbaru yaitu seakan menyerupai kebenaran jadi hampir sempurna, misalnya seperti tentang penerimaan tenaga kerja, tampilannya seperti web desnaker, akan tetapi dibagian bawahnya menyertai nomor informasih yang dihubungi berbeda.

Kepala dinas itu mengatakan pihaknya tidak kurang dalam memberikan edukasi literasi terhadap informasi hoaks. namun tidak hanya masyarakat akan tetapi pejabat pun cenderung membagikan informasi hoaks seakan-akan sebuah prestasi yang belum tentu kebenarannya.

Ia juga menginformasikan bahwa diskominfo setiap hari mengeluarkan daftar hoaks. sehingga masyatakat dapat melihat di web kementrian untuk mencek kebenaran dari sebuah informasi.

Dengan maraknya informasi hoaks tentunya sangat merugikan masyarakat karena tampa disadari mereka akan banyak menghabiskan waktu dan energi untuk membahas sesuatu yang tidak perlu dan masyarakat pun akan kehilangan kepercayaan. Maka untuk itu perlu adanya dorongan dari masing-masing individu agar terlebih dahulu mencari informasi yang akurat dari berbagai sumber agar informasi hoaks tidak memanipulasi emosi kita sehingga turut ikut menyebarkan informasi tersebut. Dengan adanya kesadaran itu masyarakat diharapkan tidak ikut menyebarluaskan informaai hoaks.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments