Nasional

Megawati Perintahkan Kader PDIP Beri Layanan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat

JAKARTA - Jelang puncak HUT Bulan Bung Karno 2023 pada 24 Juni, jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Kepulauan Riau antusias menyambut kedatangan Rumah Sakit (RS) Terapung Laksamana Malahayati, di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Provinsi Kepri.

Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri, Soerya Respationo mengatakan, tujuan utama dari kehadiran RS terapung KM Laksamana Malahayati adalah memberikan pelayanan kesehatan gratis khususnya bagi masyarakat kurang mampu di pulau-pulau terkecil di seluruh Indonesia. 

“Sebagaimana dikatakan Ibu ketua umum kami, ibu Megawati bahwa kita harus melayani semua sampai yang bawah yang tidak bisa ke rumah sakit dan kemana-mana,” kata Soerya Respationo dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Soerya menuturkan, PDIP tidak pilih kasih dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tetapi diutamakan pelayanan medis gratis ditujukan untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi kurang mampu.  Hal itu, lanjut Soerya, sesuai dengan arahan  Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang memerintahkan seluruh kadernya untuk melayani masyarakat.

“Kita tidak pilih kasih tapi terutama bagi mereka yang kurang mampu tapi kalau ada orang mampu sakit di sini ya kita layani juga,” tuturnya. 

Dia menjelaskan, layanan kesehatan di RS  KM Laksamana Malahayati merupakan program pertama dari rangkaian menjelang puncak peringatan bulan Bung Karno. 

“Kita sebagai anggota PDI Perjuangan tentu bangga dengan hadirnya rumah sakit terapung KM Laksamana Malahayati ini,” ucap Soerya. 

Meskipun kader tidak terlibat langsung dalam memberikan pelayanan kesehatan, kata Soerya, masyarakat tentunya akan mengingat bahwa PDIP memiliki KM Laksamana Malahayati. 

“Kita bangga walaupun bukan kita yang menangani langsung tapi masyarakat seluruh Indonesia akan mengatakan, oh PDI Perjuangan ada rumah sakit terapung bernama kapal motor Malahayati nah itu bangga dan kita ikut senang bisa membantu,” ucapnya.

Sebagai informasi, Rumah sakit apung KM Malahayati memiliki panjang 30 meter dan dilengkapi berbagai fasilitas layanan Kesehatan, di antaranya ruang operasi kecil, ruang operasi besar, ruang tunggu, ruang pasca operasi dan ambulans kapal.

KM Laksamana Malahayati diresmikan langsung Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri di dermaga KDI 6 Tanjung Priok Jakarta Utara beberapa waktu lalu.  Kapal ini akan berkeliling ke daerah-daerah pesisir di barat Indonesia sampai akhirnya bersandar di dermaga pelabuhan Malahayati, Aceh Besar.

 

(PDI Perjuangan/Samhadi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments