Bartim

Sisa Honor Panitia Dan Pengawas  Pilkades Akan Dibayar Pemkab Bartim Melalui Anggaran Perubahan

TAMIANG LAYANG - Pemilihan Kepala Desa Atau Pilkades Serentak 85 Desa Se Barito Timur yang tersebar di 10 kecamatan telah dilaksanakan pada 3 Juni 2023 dan berjalan lancar meski ada beberapa sanggahan di beberapa desa.

Belakangan terungkap dengan munculnya keluhan bahwa honor panitia dan pengawas pilkades belum sepenuhnya dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Hal tersebut di respon pemkab bartim dengan mengupayakan untuk membayar honor kepada panitia pilkades sepenuhnya.

Kepada wartawan usai mengikuti RDPU di gedung DPRD, Rabu 21 Juni 2023, Plt. Asisten I Setda Barito Timur, Ari Panan P. Lelu menjelaskan terkait dengan honor pilkades diakui bahwa ada kesalahan penganggaran. Saat dicantumkan dalam apbdes ternyata setelah dievaluasi tidak bisa.

Kemudian sempat diperdebatkan sumber dananya, sebab kalau menunggu perubahan maka pelaksanaan pilkades bisa tertunda. Sementara jabatan kepala desanya itu berakhir pada sekitar tanggal 16 bulan agustus.

Menurut ari panan, pihaknya akan kesulitan kalau menunda pilkades sehingga harus menunggu apbd perubahan dan dilakukan pergeseran anggaran dari bagian pemerintahan khusus untuk alat perlengkapan pilkades dengan honornya.

jadi yang dibayarkan hanya untuk honor panitia 2 bulan, kemudian untuk pengawas 1 bulan. Nah sisanya akan kita bayarkan melalui APBD perubahan nanti, “ jelasnya.

Kegiatan rdpu tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio, hadir 3 orang anggota DPRD yaitu, Haji Zain Alkim, Wahyudinnoor dan Adolina Sendol, nampak pula Plt. Asisten  Asisten I, Ari Panan P Lelu, Asisten II, Amrullah, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan Setda dan sekretaris badan pemberdayaan masyarakat desa dan sosial atau bpmd sos serta kepala dan anggota BPD se Barito Timur.

(Ahmad Fahrizali / Haji Suriansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments